Jumat, 28 April 2017 13:13

Tanggul Bengawan Solo Kanor Bojonegoro Longsor

foto : Jon Item/detakpos
Tanggul kanan Bengawan Solo di Kanor, Bojonegoro, yang longsor.

Bojonegoro - Detakpos - Tanggul kanan Bengawan Solo di Desa Kanor, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, longsor sepanjang 25 meter dengan kedalaman 1,5 meter, menyusul surutnya air sungai terpanjang di Jawa di daerah setempat, Jumat.

Camat Kanor, Bojonegoro Subiyono, menjelaskan lokasi tanggul kanan Bengawan Solo yang longsor sepanjang 25 meter diketahui pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Lokasi tanggul longsor yang baru itu, lanjut dia,  tidak jauh dengan tanggul kanan Bengawan Solo di desa setempat yang sudah longsor sebelumnya dengan panjang sekitar 100 meter.

"Tanggul yang tersisa sekitar 3 meter, sehingga kalau Bengawan Solo meluap bisa mengakibatkan tanggul jebol," ucapnya.

Menurut dia, kalau tanggul Bengawan Solo di daerah setempat tidak hanya merendam pemukiman dan areal pertanian di sejumlah desa di Kecamatan Kanor, tetapi juga bisa meluas ke sejumlah desa di Kecamatan Kanor.

"Tanaman padi sejumlah desa di Kanor sekarang ini hampir panen," katanya.

Ia memperkirakan tanggul Bengawan Solo longsor disebabkan dalam sepekan debit air meninggi dan kemudian ada penurunan air sehingga tanah ikut ambles.

Hanya saja, lanjut dia, lokasi longsornya tanggul tersebut dibawahnya tanggul ada paku bumi sehingga longsoran tanggul masih tertahan namun tidak  menutup kemungkinan akan lebih parah kalau tidak segera ditangani.

"Kejadian tanggul longsor segera kami laporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," tambahnya. (d1/detakpos)

 
Komentar
Kirim Komentar Anda
Nama
Email
Komentar
 
Berita Terkait