Sabtu, 09 Juni 2018 20:32

UAD Dinobatkan Kampus PTS Terbaik se-Indonesia

Rektor UAD Dr Kasiyarnosaat jumpa pers

Yogyakarta-Detakpos-Prestasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta terus bermunculan. Setelah meraih akreditias institusi dengan predikat A, kali ini Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) ini dinobatkan sebagai kampus perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik se-Indonesia 2018 versi Science and Technology Index (Sinta).

Sinta merupakan sistem berbasis web milik Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuat peringkat perguruan tinggi dan non perguruan tinggi yang memetakan kepakaran dosen/peneliti dan merangking kinerja jurnal nasional dan international di Indonesia.

Sinta pun menawarkan akses mudah cepat dan komprehensif ke seluruh jurnal yang terdaftar di Indonesia. Selain itu, Sinta memberikan informasi bencmark atar lembaga kolaborasi, analisis trend penelitian dan direktori pakar.

Prestasi membanggakan tersebut tidak lepas dari kerja keras civitas akademika UAD yang aktif melakukan penelitian dan menulis artikel di jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional.

“Kami sangat bersyukur karena UAD mendapat skor 11,306, berada diurutan ke-11 diantara perguruan tinggi negeri dan lembaga penelitian di Indonesia,” kata Rektor UAD, Dr Kasiyarno kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Sebagai kampus swasta, UAD dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa prestasinya tak kalah dengan perguruan tinggi negeri di tanah air. Buktinya, UAD unggul atas PTN seperti Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Makassar, Universitas Syah Kuala, dan Universitas Udayana.Bahkan, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Andalas rangkingnya berada dibawah UAD.“UAD kalah dari PTN besar seperti UI yang menempati peringkat pertama, disusul UGM, ITB, IPB, Undip, UPI, Unpad, ITS dan UB,” tandas Kasiyarno.

Selain itu, seorang dosen UAD masuk dalam Top 50 dosen/peneliti terbaik se-Indonesia. Dia adalah Tole Sutikno yang menempati peringkat 26 dan Jurnal UAD Telkomnika Telecommunication Computing Electronics and Control menempati urutan pertama di antara seluruh jurnal yang dikelola PTN/PTS.“Jurnal Telkomnika masuk dalam Top Ten Jurnal Terbaik se-Indonesia,” kata,Tole Sutikno, kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UAD.Tole mengapresiasi Kemenristekdikti yang telah mempublikasikan Science and Technology Index(Sinta).

Menurutnya, publikasi Sinta membawa dampak positif terhadap dosen dalam melakukan penelitian. “Publikasi pemeringkatan hasil penelitian ini membuat para dosen semangat berkarya untuk bangsa. Sebagai perguruan tinggi swasta, UAD telah membuktikan bisa meraih prestasi tersebut,” jelas Tole. (c4)