oleh

33 Posko Satgas Covid-19 BUMN Jatim Ditutup

GresikDetakpos-Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, sebagai Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Jawa Timur, resmi menutup operasional 33 Posko Percepatan Penanganan Covid-19 BUMN di Kabupaten/Kota Wilayah Jatim, kemarin.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi dalam sambutannya secara virtual menjelaskan, seiring dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan transisi masa new normal yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat maupun daerah, tugas Satgas juga akan berangsur berkurang. Salah satunya dimulai dengan penghentian operasional Posko Percepatan Penanganan Covid-19 BUMN di tingkat Kabupaten/Kota.

“Dari 35 posko yang tersebar di seluruh daerah di Jawa Timur, 33 di antaranya resmi ditutup. Hanya Posko Hotel Pesonna Surabaya dan Posko Command Center Gresik yang masih aktif hingga saat ini,” ujar Rahmad.

35 posko ini, lanjut Rahmad, dibangun atas sinergi 19 BUMN yang terlibat dalam Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Jatim sebagai tindak lanjut atas arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menginstruksikan agar seluruh BUMN turut berkontribusi dalam percepatan penanganan Covid-19 di seluruh daerah di Indonesia.

Adapun total bantuan yang disalurkan Satgas per 26 Juni 2020 sebesar Rp 34,88 miliar. Terdiri dari obat-obatan (Rp 2,68 miliar), Alat Kesehatan atau Alat Pelindung Diri (Rp 19,86 miliar), sembako (Rp 8,52 miliar), dan bantuan lain senilai Rp 3,82 miliar.

“Dari total bantuan tersebut, kontribusi Petrokimia Gresik sebesar Rp24,4 miliar atau 70 persen dan 30 persen sisanya dari BUMN lain,” ungkap Rahmad.

Bantuan tersebut disalurkan kepada rumah sakit rujukan, Puskesmas, juga melalui pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan instansi pemerintah lainnya serta diserahkan juga secara langsung kepada masyarakat Jatim.(d/6).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini