oleh

Ekonomi Lesu,  TKI  ke Luar Negeri Menurun

JakartaDetakpos-Sepanjang Januari hingga Agustus 2017, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) telah menempatkan sebanyak 148.285 orang TKI ke sejumlah negara tujuan penempatan. Para TKI prosedural tersebut tersebar di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Timur Tengah dan Eropa.

Menurut Kepala Bagian Humas BNP2TKI, Servulus Bobo Riti yang di Jakarta pada Kamis, (28/09), apabila dibadingkan pada periode Agustus 2016, terjadi penurunan  8.316 orang TKI dari total penempatan pada periode Agustus 2017 sebanyak 148.285 orang.

Berdasarkan data yang ada, jumlah TKI yang ditempatkan di luar negeri pada periode Januari sampai Agustus 2016 mencapai angka 156.601 orang. Penurunan tersebut ditengarai  antara lain karena faktor pertumbuhan ekonomi regional dan global yang mengalami kelesuan atau stagnan, sehingga permintaan tenaga kerja asing untuk mengisi sektor-sektor padat karya seperti pembangunan konstruksi agak menurun.

Servulus Bobo Riti menjelaskan, penempatan TKI keluar negeri dibagi dalam dua sektor yaitu formal dan informal. Sebagaimana data yang ada, dari total 148.285 TKI yang sudah ditempatkan, jumlah TKI yang bekerja di bidang formal mencapai  83.943 orang.

Adapun TKI yang bekerja di bidang informal sebanyak 64.342 orang. Diri latar belakang pendidikan para TKI yang bekerja di luar negeri masih didominasi lulusan SD-SMP dengan besaran persentase mencapai 65%. Selebihnya beragam  mulai dari tingkat SLTA hingga perguruan tiinggi yaitu diploma, sarjana, dan pasca sarjana.

Dari sisi gender, tenaga kerja dari Indonesia mayoritas perempuan yaitu sebanyak 93.641 perempuan di mana  presentase ini jauh lebih banyak daripada laki-laki yang hanya berjumlah 54.644 orang.(d2detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini