oleh

Google: Digital Marketing Perluas Usaha Pemasaran UKM

BojonegoroDetakpos – Perwakilan dari Google Indonesia Ardianto mengatakan dengan “digital marketing” banyak celah bisnis yang bisa diperoleh disektor pemasaran usaha terutama usaha kecil dan menengah (UKM) karena dengan internet pemanfaatannya bisa luas.

“Banyak celah bisnis yang bisa kita dapatkan di sektor marketing usaha, terutama  industri UKM,” kata dia dalam “workshop” pemasaran berbasis digital marketing bertajuk “Business Development With Digital marketing” di Bojonegoro, Kamis (14/9/2017).

Untuk itulah, menurut dia,  Google Indonesia mengadakan Projek Digitalisasi UKM agar masyarakat indonesia, terutama sektor industri UKM bisa memanfaatkan layanan pemasaran secara digital sebagai media bisnis. Proyek digitalisasi UKM dari google indonesia bertujuan untuk menggitalisasikan UKM.

Dengan demikian  pemasaran UKM tidak hanya sebatas offline shop ( toko ) saja, tapi harus mempunya online shop, karena pada era modern banyak peluang usaha bisa diperoleh.

“Diharapkan kedepan mereka bisa mendapatkan costumer baru lagi,” ucapnya dalam workshop yang digelar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) bekerjasama dengan Bekraf dan Google Indonesia  di Aula UPT Pengembangan Industri Kreatif.

Konsultan bisnis Ikkon Bojonegoro, Suci Apriani mengatakan, tujuan diadakanya workshop digital marketing ini adalah untuk meningkatkan pelaku IKM atau UKM dalam dunia Digital marketing.

“Bagaimana meletakkan addres atau alamat bisnisnya di Google bisnis, bisa membuat Website sederhana dengan munggunakan feature yang disediakan leh google, seperti google My Business, setidaknya salah satu step digital marketing bisa mereka kuasai,”.

Kepala Disperinaker Bojonegoro Agus Supriyanto mengatakan, workshop digital marketing ini bertujuan untuk menyosialisasikan konsep digital marketing kepada pelaku UKM.

“Permasalahan mendasar yang dialami hampir semua para pelaku UKM adalah aspek pemasaran, dan selama ini, itulah yang selama ini banyak dikeluhan oleh para industri UKM kepada dinas perindustrian dan ketenaga kerjaan Bojonegoro,” katanya.

Ia mengatakan  untuk menjawab keluhan masyarakat terutama para pelaku UKM, maka pihaknya bekerja sama dengan Ikkon Bojonegoro dan Google Indonesia menggelar Workshop digital marketing.

Ia mengharapkan setelah workshop pola pikir  para industri kreatif di daerahnya bisa berubah menuju digital marketing, sehingga bisa meningkatkan target konsumen mereka.

Hadir Dalam workshop tersebut diantaranya, para pelaku industri kreatif , pelajar, akademisi, guru, relawan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) dan masyarakat umum. (*/d5/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini