oleh

Harga Tembakau jawa Jeblokan Temayang Capai Rp35.000/Kilogram

BojonegoroDetakpos – Tembakau Jawa di Dusun Jeblokan, Desa Bakulan, Kecamatan Temayang, Bojonegoro, Jawa Timur, untuk rajangan petikan pertama dan kedua bisa laku Rp35.000/kilogram dengan pembeli asal Temanggung, Jawa Tengah.

Seorang petani Desa Bakulan, Kecamatan Temayang, Bojonegoro Ahmad, di Bojonegoro, Minggu (2/9) menjelaskan bahwa pembeli asal Temangung, Jawa Tengah, yang menjadi langganan rutin produksi tembakau Jawa di Dusun Jeblokan sudah siap membeli.

“Harga awal tembakau Jawa di Dusun Jeblokan, untuk petikan pertama dan kedua dipatok Rp35.000 per kilogram,” ujarnya.

Menurut dia, tembakau jenis Jawa tanaman padi di Dusun Jeblokan, dengan luas puluhan hektare selama ini dikenal sebagai tembakau jenis Jawa dengan kualitas terbaik.

Ia mengaku memiliki tanaman tembakau 3.000 pohon jenis Jawa yang sekarang sudah mulai panen petikan pertama dan kedua.

“Pembelinya selalu dari Temanggung,” ucapnya menegaskan.

Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, sebelumnya, menjelaskan bahwa panen tanaman tembakau baik Virginia Voor Oogst (VO) dan Jawa sudah berlangsung di sejumlah sentra penghasil tembakau antara lain, Kecamatan Kedungadem, juga kecamatan lainnya.

“Harga tembakau Virginia VO petikan kedua dan ketiga tertinggi Rp22 ribu per kilogram,” ucapnya.

Data di Dinas Pertanian setempat menyebutkan luas tanaman tembakau Virginia VO 4.890 hektare, Jawa 2.768 hektare dan Virginia RAM 965,50 hektare.

“Kami optimistis kualitas dan harga tembakau tahun ini akan bagus,” ujarnya. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini