oleh

Kedubes: Produktivitas Jagung Lamongan Melebihi AS

Lamongan – Detakpos – Staf Atase Pertanian Kedubes RI di Amerika Serikat Rahmad Poetranto mengapresiasi produksi jagung di Lamongan, Jawa Timur, yang mampu mencapai 11,8 ton per hektare, karena sudah melebih produksi jagung di Amerika Serikat.

“Saya sangat mengapresiasi (produksi jagung) yang dicapai Lamongan. Kini dari sisi produktivitasnya bahkan sudah melebihi Amerika Serikat,” kata dia di Lamongan,  Senin (5/6/2017).

Ia kepada Bupati Lamongan Fadeli menyebutkan pencapaian produksi jagung di daerah setempat tidak lepas dari kepemimpinan dari Bupati Lamongan Fadeli.

“Tadi saya sudah melihat bagaimana jagung Lamongan sudah berkembang sangat baik. Ini bagus bagi Lamongan kedepan,” katanya.

Bupati Lamongan Fadeli mencanangkan pembukaan “demfarm” jagung yang awalnya seluas 100 hektare sebagai lokasi untuk percontohan di daerahnya.

Ia mengharapkan petani bisa mengetahui sendiri manfaat penerapan teknologi modern, sehingga tertarik untuk mengadopsi.

Di kawasan itu, produktivitas yang semula hanya rata-rata 5,8 ton, dalam panen raya kedua naik menjadi 11,8 ton perhektare.

Konsep kawasan pertanian modern tersebut saat ini diperluas menjadi 10 ribu hektare, dan akan ditularkan pada semua petani Lamongan.

Produk jagungnya sudah masuk ke sejumlah industri pengolahan pakan ternak dalam negeri. Sedangkan makanan olahan produksi UMKM sudah di ekspor ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

Kunjungan kerja Bupati Fadeli ke jantung pertanian Amerika Serikat di Negara Bagian Iowa sudah berselang sejak Agustus 2016 lalu.

Namun rupanya Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat (AS) masih memantau perkembangan pasca lawatan tersebut. (tim detakpos)

  

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini