oleh

Pemkab Diminta Kembalikan Pasar Sroyo ke Desa 

Pewarta : Jarwati

BojonegoroDetakpos-Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Sroyo Kecamatan Sumberrejo.

Pasar tersebut dulu merupakan pasar milik Desa Sroyo dan Desa Mejuwet. Tetapi saat ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bojobegoro.

Wakil Ketua Komisi A, Anam Warsito mengatakan, Pasar Sroyo dulu merupakan pasar desa yang dikelola secara turun temurun, dan diminta oleh Pemkab sejak tahun 1982. Kemudian dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar.

“Sekarangkan PD Pasar sudah dibubarkan. Berdasarkan peraturan tentang desa seharusnya Pasar Sroyo dikembalikan lagi ke desa untuk pengelolaannya. Sebab menurut undang undang, Desa diperbolehkan untuk melakukannya,”  kata Anam, kemarin.

Anam menambahkan, kalau seluruh pasar daerah yang luasnya tidak lebih dari satu hektare, seluruhnya harus dikembalikan kepada desa, sehingga ke depan yang mengelola pasadalah pemerintah desa.

“Setelah ini kami akan memanggil seluruh pihak yang terkait, yaitu pemerintah kabupaten dan pemerintah desa untuk membahas pengelolaan pasar daerah, yang harus dikembalikan ke desa,” pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Mejuwet, Iswahyudi mengungkapkan, pihaknya sudah membuat perjanjian secara tertulis dengan Desa Sroyo untuk mengelola pasar, jika sudah dilepaskan oleh Pemerintah Kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Tidak perlu khawatir akan terjadi konflik ke depan.”Perjanjian ini akan kami notariskan, untuk memastikan tidak akan ada masalah di kemudian hari dalam pengelolaan pasar,” tegas dia.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini