oleh

Pemkab Tuban Persiapkan Penampungan Pedagang Ikan Asap

Tuban – Detakpos – Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menyiapkan lokasi tanah   untuk menampung pedagang ikan asap laut di sepanjang jalan di Kelurahan Karangasri, Kecamatan Kota, karena jumlahnya semakin bertambah dalam dua tahun terakhir.

“Tanah untuk menampung pedagang ikan asap sudah mulai diuruk. Itu lokasinya tidak jauh dari sini,” kata pedagang ikan asap di Tuban Ny. Kasmi, Senin (7/8/2017).

Ia menyebutkan di sepanjang jalan di kelurahan setempat sekarang ada sekitar 25 pedagang ikan asap

“Pedagang ikan asap semuanya warga Kelurahan Karangasri,” ucapnya.

Menurut dia, pedagang ikan asap memperoleh ikan dari pedagang iksn laut tetapi sebagian lainnya ada yang memperoleh ikan laut segar dari suaminya yang bekerja sebagai nelayan.

“Saya memperoleh ikan laut dari suami saya yang bekerja sebagai nelayan. Nelayan di sini semuanya nelayan pemancing,” kata dia menjelaskan.

Hal senada disampaikan pedagang ikan laut asap lainnya Ny. Siti dan Susi yang menyebutkan bahwa bisa memperoleh ikan laut dengan membeli dari pedagang penampung ikan laut.

“Sekarang bisa memperoleh ikan asap harus berebut sebab omzet pedagang ikan asap sekarang bagus semua,” kata Ny. Siti.

Ia menyebutkan omzet pedagang rata-rata berkisar Rp1 juta-Rp2 juta per hari.”Kalau hari libur Minggu bisa lebih apalagi seperti libur lebaran lalu,” katanya.

Sekarang ini harga berbagai macam jenis ikan laut asap antara lain, benggol, kakap, tongkol dan tuna berkisar Rp10.000-Rp40.000 per ekor.”Pembeli rata-rata suka semua dengan jenis ikan yang ada,” ucapnya. (d1/detakpos)


 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini