oleh

Pj Bupati Sebut PDAM BUMD yang Rugi 

Pewarta : Jarwati

BojonegoroDetakpos– Setelah melakukan rapat evaluasi dengan seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Bojonegoro, Pj Bupati Suprianto mempertanyakan alasan kerugian BUMD.

Sebab, menurutnya, jika pengelolaan dilakukan secara maksimal dan baik, maka seharusnya bisa memberikan keuntungan.Suprianto mengatakan, bahwa akan diapakan lagi kondisi BUMD di Bojonegoro jika sudah seperti ini.

Yang terpenting sekarang diketahui dulu seperti apa progres pekerjaan yang dilakukan. “Keadaan yang memang seperti ini apa adanya. Ada BUMD yang untung, tetapi juga ada yang sampai rugi. Sebab banyak sektor yang dijalankan, bahkan ada BUMD yang memiliki nilai sosial, ” kata Suprianto, kemarin.

Hanya saja, Suprianto tetap mempertanyakan kenapa sampai ada BUMD yang rugi. Sebab seharusnya dengan modal yang diberikan oleh daerah, BUMD bisa mengelola dengan baik dan mendapatkan keuntungan.

Lebih lanjut, dia menerangkan, kalau salah satu BUMD yang merugi adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Mereka beralasan, jika penyebab kerugian adalah kebocoran saluran air yang dimiliki.

“Saya tanya berapa jumlah kubik air yang berhasil terjual,  dan berapa kubik yang bocor hingga bisa rugi.Ternyata sampai 26 yang bocor,” tuturnya.Menurutnya,  PDAM harus fokus untuk perawatan saluran. Selain itu, juga harus melihat meteran, apa ada yang nakal atau tidak.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini