oleh

Festival Bengawan Tanpa Kegiatan Pergelaran Sastra Bengawan

Bojonegoro – Detakpos – Pelaksanaan Festival Bengawan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (24/9) tanpa dengan kegiatan Sastra Bengawan yang menjadi ikon kegiatan itu pada awal pertama kali digelar pada 2014.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Budaya Disbudpar Bojonegoro Budiyanto, membenarkan kegiatan Festival Bengawan yang diikuti 42 perahu hias tidak disertai dengan Sastra Bengawan.

Alasannya, kata dia, para penyair di daerahnya juga akan menggelar kegiatan serupa yaitu membaca puisi pada hari puisi Indonesia di Pendopo Pemkab Bojonegoro pada 30 September.

Seorang penyair di Bojonegoro Agus Sigro Budiono menjelaskan pada pergelaran Sastra Bengawan yang pelaksanaannya bersamaan dengan Festival Bengawan pada 2014 dihadiri penyair dari berbagai daerah, bahkan ada dari Kalimatan.

Ia menyebutkan penyair yang hadir antara lain, dari Kalimatan Arsyad Indardi, Sragen, Jawa Tengah, Sus Hardjono, Nganjuk  Agus R Subagyo, Semarang Lukni Maulana.

Selain itu, lanjut dia, pada pergelaran Sastra Bengawan 2015, selain diisi penyair lokal, juga dihadiri penyair dari Yogyakarta Bramantyo Prijosusilo, Bangkalan  Timur Budi Raja, juga dari harian Kompas Kurniawan Junaedi.

“Saya banyak yang lupa nama-nama penyair dari luar daerah,” ujarnya.

Seorang penyair di Bojonegoro Edy Kuncoro mengaku siap datang kalau memang ada undangan dari panitia untuk membaca puisi dalam kegiatan Festival Bengawan.

“Saya tidak diundang dalam kegiatan Festival Bengawan,” ucapnya, yang yang biasa tampil dalam Sastra Pelataran yang digelar Lesbumi itu.

Dalam kegiatan Festival Bengawan mengambil rute yang sama dari Bendung Gerak Bengawan Solo di Kecamatan Kalitidu, diberangkatkan Wakil Bupati Setyo Hartono yang juga ikut bersama perahu hias dengan titik terakhir di TBS.

“Pelaksanaan Festival Bengawan yang diikuti 42 perahu hampir sama dengan tahun lalu,” kata Budiyanto menambahkan. (*/d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini