oleh

GP Ansor Dukung Bikin Film PKI Utuh Sejak 1948

Jakarta- Detakpos– Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor mendukung rencana Presiden Joko Widodo membuat film tentang PKI secara konfrenship, utuh, tidak sepenggal-penggal pada peristiwa pemberontakan PKI1965 saja.

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Tutut) mengatakan, film inisiasi Presiden itu perlu menggambarkan peristiwa secara utuh yang pernah dilakukan PKI atas negara ini. ” Artinya, bukan hanya pemberontakan 1965 saja yang difilmkan, tetapi pemberontakan pertama mereka dalam masa setelah merdeka, 1948, juga perlu dikisahkan dalam film itu,” tutur dia dihubungi, Selasa (29/9/2017).

Sebelum film dibuat, menurut Gus Tutut, seharusnya dilakukan riset yang mendalam terlebih dulu, agar tidak menjadi film indoktriner seperti film PKI yang ada sekarang. ” Kita tahu bagaimana film itu ditujukan untuk indoktrinasi semasa orba dan belum tentu sesuai dengan kejadian yang sebenarnya,” ujar dia.

Kalau tujuannya untuk membuat generasi sekarang mengetahui  sejarah kelam negeri ini, ” Keinginan Presiden untuk membuat film tentang PKI dalam tafsir yang sesuai dengan situasi dan zaman di mana banyak fakta yang sebelumnya ditutupi sudah mulai terbuka, saya kira lebih menarik,” tutur dia.(d3/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini