oleh

Diprediksi, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Hanya 3,5 %

JakartaDetakpos–  Ekonomi China pada kuartal I 2020 diprediksi bisa anjlok menjadi hanya 3,5 persen.

Ini terjadi bila penyebaran virus corona tidak diikuti dengan percepatan produksi sektor manufaktur ke level normal. Hal tersebut diungkapkan analis dari Morgan Stanley dalam laporannya.

Dilansir dari CNBC, Rabu (19/2/2020), otoritas kesehatan China melaporkan total 74.185 kasus virus corona yang sudah terkonfirmasi. Adapun jumlah korban meninggal mencapai 2.004 orang.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra,, Arief Poyuono mengatakan, setiap 1 persen penurunan pertumbuhan ekonomi china berdampak pada  turunnya pertumbuhan ekonomi Indonesia 0,6 persen, sedang prediksi sebelum corona china pertumbuhan ekonominya 6 persen, sebab 20 persen ekpor Indonesia tujuannya ke Negara China

“Artinya 2,5 persen ekonomi turun dan berarti pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama hanya akan tumbuh di 3,5 persenan,”tutur dia.

Dampak lain, lanjut dia, akan menurunnya komoditas ekspor Indonesia, ancaman PHK, kredit macet diperbankan nasional karena banyak kredit sektor tambang dan mineral macet,serta kredit kredit pembelian alat alat berat untuk sektor usaha tambang Dan mineral serta proyek infrastruktur akibat tertundanya  proyek proyek pemerintah yang dibiayai China, dan reschedule investasi dari China.(d/2).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini