oleh

Di-launching Buku “Di Balik Pohon”

Gresik-Detakpos-Untuk menggali kreatifitas dan kepekaan terhadap lingkungan, siswa SD Muhammadiyah 1 Wringinanom, Gresik, atau yang biasa di sebut SD Muwri, me-launching sebuah komik yang diberi judul “Maslahat Di Balik Pohon,” Sabtu (11/1/2020).

Sengaja judul ini dipilih karena yang ditulis siswa dalam komik ini merupakan salah satu jawaban dari satu permasalahan lingkungan di sekitar kita seperti banjir yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

Karya yang ditulis oleh 30 siswa ini, merupakan karya kelima yang sengaja di launching untuk memperingati hari satu juta pohon yang jatuh pada tanggal 10 Januari, kemarin.

Untuk menjawab tantangan era 4.0 dan kecenderungan anak yang tertarik pada gadget dari pada buku, komik yang bercerita tentang faedah pohon ini, sengaja dicetak dan di-launching dalam bentuk e-comic. “E-Comic ini merupakan bentuk respons sekolah terhadap kemajuan era digital” ujar Kholiq Idris, S.Pd, kepala sekolah.

E-Comic yang di-launching, dalam dua seri ini, akan bisa didownload dan diakses dengan mudah di fanpage facebook SD Muhammadiyah 1 Wringinanom, awal bulan depan.

Meski begitu versi cetaknya sudah bisa dinikmati oleh pembaca yang berniat membeli untuk donasi dengan memesan langsung pada pihak sekolah.

Beberapa undangan dan wali murid sudah tertarik membeli versi cetaknya. “Media gambar bisa mewakili ribuan kata sehingga banyak orang yang menyukai gambar.” tutur Prigi Arisandi, M.Si, dalam sambutannya.

Proses pembuatan komik ini berlangsung sekitar satu bulan. Dengan didampingi guru pembimbing, siswa membuat sketsa, merancang dialog, hingga mewarnai komik mereka.

“Yang paling sulit itu membuat sketsa wajahnya soalnya harus mirip.” tutur Safira Diyah Novitasari, siswa kelas 6.

Sumber: humas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini