oleh

Polisi Bojonegoro Sosialisasikan Internet Sehat Kepada Siswa

BojonegoroDetakpos – Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, menyosialisasikan internet sehat dan cerdas kepada para siswa SMPN I Gayam di Kecamatan Gayam, sebagai usaha memberikan bekal siswa untuk menangkal “cyber crime”, Senin (8/8/2017).

Kasubbag Humas Polres Bojonegoro AKP Mashadi, kepada para siswa SMPN 1 Gayam menjelaskan dalam menggunakan media sosial para siswa harus memiliki bekal agar bisa terhindar dari kejahatan dunia maya.

“Kita selaku pengguna atau user, sangat rentan sekali terpengaruh isu Sara, berita “hoax” maupun ujaran kebencian lainnya. Kalau kita tidak pandai menilai hal tersebut, kita akan termakan oleh kejahatan dunia maya,” katanya menegaskan.

Ia juga meminta para siswa berhati-hati setiap akan “mengupload” sesuatu, mulai tulisan, gambar maupun video. Jangan sampai apa yang menurut kita itu hal biasa, akan tetapi bisa menjadi luar bisa ketika sudah masuk ranah di dunia maya.

Polres, kata dia, telah membentuk tim “Cyber Troops” yang bertugas sehari harinya adalah melakukan patroli di dunia maya, sehingga kalau ada kejahatan di dunia maya cepat diketahui dan segera di tindak lanjuti.

“Meskipun tim “cyber troops” belum resmi di luncurkan, namun kita sudah bekerja keras. Beberapa kasus juga sudah kita bongkar,” ucapnya menambahkan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Hanafi mengungkapkan bahwa kegiatan Sosialisasi Internet Sehat dan Cerdas Bermedia di Era Digital sangat diperlukan oleh para pelajar.

Karena, menurut survey beberapa lembaga, 75 persen pengguna internet adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Sehingga perlu adanya pembekalan khusus agar tidak terjadi kesalahan saat memanfaatkan kecanggihan era digital.

“Ini sangat penting di sosialisasikan, kami berharap sosialisasi seperti ini bisa dilaksanakan di seluruh sekolahan di Bojonegoro,” kata dia.

Usai memberikan Sosialisasi, perwira yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Baureno tersebut memberikan hadiah kepada para siswa siswi yang mampu menjawab pertanyaan seputar dunia maya dan cara sehat berinteraktif didalamnya.

Hadir dalam acara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Gayam Wahyudi, PGA ExxonMobil Galih Tiara. (d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini