oleh

66 Ribu Warga Bojonegoro Dapat Sertifikat Gratis

Pewarta Jarwati-

BojonegoroDetakpos -Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada tahun 2019, mendapatkan program dari Pemerintah Pusat penyertifikatkan tanah secara gratis untuk masyarakat. Jumlahnya mencapai 66 ribu bidang.

Kepala BPN, Lapri mengatakan, Pemerintah Pusat sudah membuat program terkait penyertifikatan tanah bagi masyarakat sejak tahun 90 an.

Sebelumnya bernama Prona, kemudian mulai tahun 2017 diubah menjadi program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), dan tahun depan Bojonegoro mendapatkan peningkatan jumlah.

Bojonegoro tiap tahun selalu mendapatkan tambahan jumlah PTSL. Di mana pada penerapan program awal di tahun 2017 memperoleh 26 ribu bidang sertifikat tanah.

”Kemudian pada tahun ini memdapatkan 65 ribu bidang tanah, dan tahun depan meningkat kembali,” kata dia.

Dia menjelaskan, nantinya desa yang mendapatkan program tersebut harus mendata seluruh bidang tanah yang belum bersertifikat, sehingga bisa masuk dalam program PTSL.

“Soalnya program ini berbeda dengan program prona, yang jumlahnya dibatasi dan ditentukan oleh BKN untuk tiap desa. Dulu satu desa hanya mendapatkan seratus sampai dengan empat ratus sertifikat tanah yang dibiayai oleh pemerintah. Tetapi sekarang ini harus didata semua berapa jumlah total bidang tanah, untuk didaftarkan sertifikat,” jelasnya.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini