oleh

Arumi Tekankan Pentingnya Chemistry dalam Organisasi

JakartaDetakpos– Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Elestianto Dardak menekankan pentingnya chemistry, antara sesama pengurus, dan anggota dalam sebuah organisasi, tak terkecuali Dekranasda.

Dengan membangun chemistry, diharapkan Dekranasda bisa menjalankan program kerjanya dengan baik dan sukses.
“Kuncinya itu adalah chemistry, kuncinya adalah kedekatan, dan kekeluargaan,” kata Ketua Arumi-sapaan akrabnya saat Pengukuhan Dekranasda Kota Mojokerto masa bhakti 2018-2023 di Kantor Wali Kota Mojokerto, Kamis, kemarin. cara memetakan

Arumi mengatakan, pentingnya chemistry ini karena organisasi Dekranasda bukan berasal dari birokrasi, maupun administratif. Kemudian, para pengurus dan anggotanya juga terdiri dari berbagai profesi. Padahal, tugas Dekranasda tidaklah mudah, yakni memajukan dan menyejahterakan sektor industri kreatif, serta UKM di wilayah masing-masing.

“Sehingga kekeluargaan itu menjadi penting. Dengan chemistry, segala sesuatu yang dikomunikasikan dan dimusyawarahkan, akan berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Istri dari Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak ini menambahkan, sebagai mitra pemerintah, Dekranasda memiliki peran penting dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah di wilayahnya. Karena itu, dirinya berharap kepada Dekranasda Kota Mojokerto yang baru dilantik,  agar segera membangun chemistry tersebut, baik internal, maupun dengan pemerintah.

“Keberhasilan dari Dekranasda, salah satunya adalah tolak ukur seberapa pengaruh organisasi kita dalam membantu pemerintah, khususnya dalam menjalankan visi dan misi dari kepala daerah setempat. Jadi komunikasi dan kerjasamanya harus gayeng, dan programnya juga harus terarah dalam bimbingan kepala daerah,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikannya, Dekranasda memiliki peran yang sangat vital bagi perekonomian Jatim. Sebab, provinsi Jatim merupakan provinsi industri, dimana salah satu tulang punggung perekonomiannya adalah dari sektor industri kriya, dan sektor UMKM.

“Jadi para pengrajin, seperti mbah-mbah pembatik yang ada di pelosok desa dan kampung, merekalah ujung tombak perekonomian kita. Maka dari itu, kita di Dekranasda yang merupakan jembatan antara pemerintah dan masyarakat, harus bisa berbuat lebih giat lagi guna meningkatkan kesejahteraan mereka, serta kualitas produk kriya kita,” lanjutnya.

Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jatim ini mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas produk lokal adalah, dengan mengunggulkan keunikan dan ciri khas daerah, contohnya Mojokerto yang terkenal dengan slogan Spirit of Majapahit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini