oleh

Atasi Macet, Dibangun Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

PurwakartaDetakpos – Sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan pemerataan serta kelancaran transportasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), akan menghadirkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Hingga pertengahan Juli 2019, pembebasan seksi III lahan jalan tol tersebut mencapai 60%.

Guna memastikan kelancaran proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dan Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Adrian Priohutomo mengadakan kunjungan kerja ke lokasi pengerjaan jalan tol tersebut, belum lama ini.

Dalam kesempatan ini, Desi Arryani memperoleh informasi terkini tentang perkembangan proyek jalan tol tersebut dari Dedi Krisnariawan Sunoto selaku Direktur Utama PT JJS. Menurut Dedi, saat ini pihaknya terus mengupayakan percepatan pembebasan lahan dengan melakukan identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meminimalisir kendala agar pembangunan fisik dapat segera dilaksanakan.

“Saat ini, tanah milik instansi Pemerintah sudah kita peroleh izinnya dan sudah dimulai pekerjaan fisiknya,” ujarnya saat memberikan pemaparan _progress_ pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan terkini kepada jajaran Direksi Jasa Marga.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sendiri memiliki panjang 62 Km yang terdiri atas 3 seksi, yaitu:
a. Seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 Km
b. Seksi 2 dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 Km
c. Seksi 3 dari Taman Mekar menuju Sadang sepanjang 27,85 Km

Pada kesempatan sama, Desi Arryani menyampaikan, pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan dimulai dari Seksi 3.

“Dimulai terlebih dahulu sepanjang kurang-lebih 27 Km dari sisi Sadang ke arah selatan. _Progress_ tanah bagus, sudah mencapai 60%. Diharapkan, tahun ini _progress_ tanah selesai 100%. Konstruksi sudah dimulai, walaupun masih sangat kecil _progress_-nya. Namun, tetap optimis bisa selesai di akhir tahun depan,” jelas Desi.

Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Selain itu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga terhubung dengan JORR II dan Jalan Tol Cipularang. Dengan demikian, dapat pula menurunkan biaya logistik karena distribusi barang menuju dan dari wilayah-wilayah yang dilewati kedua jalan tol tersebut. (dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini