oleh

BMKG Juanda Minta Masyarakat Waspadai Musim Pancaroba

BojonegoroDetakpos – Badan Meteorogi, Klimatologi, Dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya, Jatim, meminta masyarakat mewaspadai masa peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan (pancaroba) pada Oktober-November.

“Harap waspada adanya potensi cuaca ekstrim seperti hujan es, hujan lebat secara tiba-tiba, angin kencang sesaat yang berasal dari awan “cumulonimbus”,” kata Plh Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Surabaya Rofiq Isa Mansur, dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, Selasa (22/10).

Cuaca ekstrim yang terjadi, lanjut dia, berupa puting beliung maupun “downburst” serta adanya peningkatan intensitas sambaran petir yang berasal dari awal “cumulonimbus”.

Yang perlu diwaspadai, bahwa hujan yang terjadi saat masa pancaroba bersifat sporadis atau tidak merata dan terjadi secara tiba-tiba dengan inetnsitas yang lebat.

Selain itu juga yang perlu diwaspadai timbulnya genangan air, serta intensitas angin kencang sesaat yang bersifat merusak akan meningkat pada masa transisi/pancaroba.

“Tidak semua angin kencang yang merusak tersebut adalah puting beliung. Dalam istilah meteorologi angin kencanag atau hempasan udaran dingin yang tersam dari awan Cumulonimbus disebut dengan downburst,” ujarnya.
Downburst, katanya, sama berbahayanya dengan puting beliung. BMKG Juanda mengimbau kepada masyarakat Jatim, agar selalu waspada terhadap berbagai cauca ekstrim di masa pancaroba.

“Selalu menjaga kesehatan akibat pengaruh perubahan cuaca,” demikian kata Rofiq. Juanda Surabaya Rofiq ISa Mansur.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bojonegoro Djoko Lukito, dalam release malalui surat yang diterima detakpos di Bojonegoro, Senin (7/10), mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan menghadapi masa pancaroba.

Masyarakat di daerah potensi bencana, diimbau bersiap melakukan upaya pencegahan meningkatnya potensi bencana angin kencang, longsor, banjir bandang, juga banjir luapan sungai. (*)

Penawarta: Agus S
Editor: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini