oleh

Edufair Sarana Siswa Pilih PTN dan Universitas Luar Negeri

JakartaDetakpos– Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti, M.Pd mengatakan, kegiatan Edufair yang diselenggarakan setiap tahun, dan kali ini dilaksakan melalui daring serta sudah memasuki tahap kedua bagian akhir, bertujuan lebih memberikan arah kepada para siswa khususnya siswa klas 12 dalam memilih universitas dan program studi, baik dalam memilih perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Memberikan dukungan penuh melalui fasilitas terhadap kegiatan Edufair yang sedang berlangsung ini,” ujar Rista Hastuti di SMAN 8 Jakarta kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (11/8).

Dengan demikian, kata Rita Hastuti, sekolah itu memfasilitasi, memberikan informasi sebanyak mungkin, sehingga anak-anak terbuka wawasannya dan informasi-informasi dapat mereka gunakan untuk mengambil keputusan PTN mana atau universitas di luar negeri yang akan dipilih.

“Nah ketika akan mengambil keputusan, kalau informasinya nggak banyak kan nggak cukup pengambilan keputusan itu. Tapi kalau informasinya banyak kan kita sudah didesain dari kelas 10 apa, kelas 11 apa, nah sekarang kelas 12 tinggal pemilihan,” ujar Rita Hastuti.

Kepala Sekolah berharap pada akhir Desember mendatang, para siswa sudah fokus dalam memilih program studi di Perguruan Tinggi yang akan mereka ambil. Sehingga, siswa sudah dalam keadaan siap saat waktu pelaksanaan ujian tertulis untuk masuk ke perguruan tinggi atau aply ke universitas di luar negeri.

Edufair 8 Part 2 sesi 3 ini membahas rumpun studi tehnik, ekonomi, dan bisnis manajemen. Sebelumnya sudah dibahas beragam rumpun studi baik kedokteran, informatika dan juga tentang kuliah di luar negeri.

Untuk rumpun studi tehnik, paranarasumber yang dihadirkan Muhamad Nur Kamaluddin Alumni 8’95 Arsitek UI ’95, Building Manager, Real Estate Management Service, Sigit Winarto Alumni 8’87, Teknik Sipil UNS dan kini Direktur Utaman PT Istaka Karya (Persero), serta Ketua IAS (Ikatan Alumni Smandel), Felia Puti Salsabila, Alumni 8’16. Teknik Sipil ITB, kemudian Endach Octariani Alumni 8’95, FE UI ’95, Konsultan BP dan Shell & Oil Company.

Untuk rumpun studi ekonomi dan bisnis manajemem, pembicara yang dating sebagainarasumber adalah Andjarsari Paramaditha, Alumni 8’95, FE UI’95, Senior Manager Mandiri Institut at PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, ladan lu Platino Budiman Alumni 8’15, SBM ITB, Wirausaha

Harapan Alumni

Sementara itu, Sigit Winarto Ketua IAS mengatakan, salah satu cita-cita alumni yaitu dengan kegiatan Edufair ini . Ketika SMN 8 yang kita banggakan dan mempunyai citra yang sangat baik maka kiprah alumni dapat memberikan manfaat kepada siswa yang sekarang, yaitu salah satunya dengan forum seperti ini, bagaimana para alumni memberikan tambahan informasi , wawasan, pembekalan kepada siswa ketika lulus dari SMAN 8.

“Kuliahnya bagaimana baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan bagaimana mendapatkan beasiswa, dan akan bekerjanya bagaimana. Dan itu banyak peran dari alumni yang memberi manfaat dan kita dukung kegiatan edufair ini,” ujar Sigit yang kini menjabat Direktur Istaka Karya.

Sigit mengatakan, yang membedakan SMAN 8 denagn SMA lainnya dari segi akademis dan dari segi kegiatan yaitu kalau dari segi akademis sudah sangat dikenal sebagai reputasi yang terbaik tahun- tahun lalu dan dari segi kegiatan banyak sekali yang sudah dilakukan SMN8 , jelas itu membedakan.

“Sebagai alumni kita bangga dan terus berupayabbagaiaman berkontribusi memberikan yang terbaik untuk SMN 8,”tambah Sigit .
Lbih jauh dikatakan Sigit, kegiatan Edufair semacam ini merupakan kegiatan yang kreatif , karena agak jarang dilakukan oleh SMA – SMA yang sejenis baik di DKI maupun di Indonesia. “Ini salah satu hikmah dari pandemik, dimana kitamasih dapat melakukan kegiatan- kefiatan yang bermanfaat, tapi dengan pandemik ini dilakukan sexara online dan lain- lain. Dan Audiencenya lebih mudah dan lebih luas lagi yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini . Jadi sangat kreatif dan bermanfaat,”paparnya.
Protokol kesehatannya juga sangat ketat dan sudah memenuhi kreteria .

Sedangkan Nelly Margaretha, SE, Ak. Selaku Ketua Panitia Edufair 2020 mengatakan, Edufair SMAN 8 ini yang sepenuhnya dilaksanakan secara online, membuktikan bahwa keterbatasan tatap muka dikarenakan pandemi Covid 19, malah membuka kesempatan berinteraksi tanpa dibatasi jarak dimana pemrasaran dari dalam dan luar negeri di tempat yang berbeda dapat berkomunikasi dengan anak2 kita secara real-time dan interaktif sehingga dapat menyampaikan pesan secara efektif.

“Harapan saya agar kegiatan ini menginspirasi sekolah2 lain bahwa ditengah pandemi yg melanda Negara kita, ada jalan yang sangat efektif, dan juga efisien, utk anak2 kita memperoleh informasi yg seluas-luasnya, bertukar-pikiran mendapatkan aspirasi yang mendukung pengembangan diri mereka demi masa depan yang cemerlang,”papar Nelly yang juga alumni SMAN 8 Jakarta ini.

Acara Edufair 8 ini diselenggarakan bersama Forum Komunikasi dan Silaturahmi Orang Tua Murid SMAN 8 tahun 2021, Komite Sekolah SMAN 8, Jajaran Sekolah SMAN 8, Pengurus OSIS, dan Ikatan Alumni Smandel/SMAN 8 atau IAS serta didukung banyak pihak, mulai BTA Group, BNI dan sebagainya itu sukses menyedot minat ssiwa.(d/2).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini