oleh

“Kartini Kartini” Pun Tampil Pimpin Daerah di Jatim

SurabayaDetakpos– Hari Kartiniyang diperingati pada 21 April menjadi momen penting bagi keseteraan gender di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Lewat pemikiran dan perjuangannya untuk kesetaraan gender, menjadi cahaya bagi kegelapan wanita di Hindia Belanda (kini Indonesia).

Dengan surat-suratnya, Raden Adjeng (RA)  Kartini mengubah pola pikir kebanyakan perempuan di Indonesia masa kolonial.

Bahwa perempuan tidak bisa selalu ditempatkan di bawah pria, perempuan berhak mendapat kesetaraan, terutama hak mengenyam pendidikan dan berkarier.

 Perjuangan Kartini yang diabadikan setiap 21 April menjadi inspirasi banyak perempuan di Indonesia untuk setara dan sejajar dengan pria, termasuk dalam pemerintahan.

Peran perempuan Indonesia sangat penting, bukan hanya dalam mengembangkan keluarga, juga dalam ekonomi, berbisnis, bahkan berpolitik.

Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Minggu (21/4/2019), berikut ini perempuan pemimpin daerah di Jawa Timur yang sukses di bidang politik dan tampil memimpin daerah, seperti dihimpun Detakpos dari berbagai sumber:

Khofifah Indar Parawansa adalah satu dari 10 kepala daerah perempuan di Jawa Timur. Kepastian Khofifah memimpin Jatim setelah unggul di  Pilkada Jatim.

Selain Khofifah, kepala daerah perempuan di Jawa Timur yakni, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Probolinggo yang terpilih di Pilkada Kabupaten Probolinggo 2018, Puput Tantriana Sari, serta Faida, Bupati Jember.

Di Kabupaten Kediri juga dipimpin seorang ibu bernama Haryanti Sutrisno, begitu juga Dewanti Rumpoko yang kini menjabat Wali Kota Batu dan Rukmini Buhori, Wali Kota Probolinggo.

Mundjidah Wahab juga perempuan hebat yang  memimpin Kabupaten Jombang untuk lima tahun ke depan, setelah muncul sebagai pemenang Pilkada 2018.

Di Mojokerto juga dipimpin seorang wali kota wanita, Ita Puspita Sari.

Terakhir ada Anna Mu’awanah, Bupati Bojonegoro terpilih di Pilkada Bojonegoro 2018.

Editor : A Adi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini