oleh

Kerugian Kebakaran di Bojonegoro Capai Rp3,9 Miliar

BojonegoroDetakpos – Kerugian kebakaran di Bojonegoro, Jawa Timur, mulai rumah, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), rumpun bambu, tempat usaha juga kebakaran lainnya dalam 185 kejadian mencapai Rp3,9 miliar, per 23 Oktober.

Kepala Bidang Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Sukirno, di Bojonegoro, Rabu (23/10), menjelaskan kerugian kebakaran sampai Oktober tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu dalam waktu bersamaan mencapai Rp5,9 miliar.

“Kerugian turun, tapi kejadian kebakaran tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 150 kejadian kebakaran,” kata dia menjelaskan.

Ia merinci kerugian terbesar dalam 48 kejadian kebakaran rumah mencapai Rp2,5 miliar, sedangkan dalam 49 kejadian karhutla kerugian hanya Rp77 juta.

Dalam 50 kejadian kebakaran rumpun bambu kerugian diperkirakan mencapai Rp33,4 juta, dan dalam 24 kejadian kebakaran tempat usaha mencapai Rp839,5 juta, serta dalam delapan kejadian kebakaran lain-lain hanya Rp300 ribu.

Pihaknya dalam mengatasi berbagai kebakaran yang lokasinya merata di berbagai wilayah itu, juga dilanjutkan dengan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya kebakaran juga cara mengantisipasi.

Mengenai penyebab kebakaran, menurut dia, untuk kebakaran rumah didominasi hubungan arus pendek listrik PLN. Sebab, kabel listrik warga di daerah pedesaan, sebagian besar tidak standar yang memicu terjadinya hubungan arus pendek listrik.

“Kami minta masyarakat cepat melaporkan kejadian kebakaran kepada kami, agar kebakaran bisa dengan cepat diantisipasi,” ucapnya. (*)

Penawarta: Agus S
Editor: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini