oleh

Ketua MPR: Hormati Arab Saudi Jika Penerbitan Visa Umrah Ditangguhkan Lagi

JakartaDetakpos.com-Pemerintah Arab Saudi kemungkinan besar akan menangguhkan sementara penerbitan visa umrah bagi jamaah Indonesia, akibat dari adanya jamaah umrah Indonesia yang positif Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan menghormati apapun keputusan Arab Saudi terkait keberlangsungan pengiriman jamaah umrah dari Indonesia.

Dia meminta pemerintah bersama penyelenggara ibadah umroh untuk lebih selektif menetapkan calon jamaah umrah dengan surat keterangan sehat dari dokter.”
“Keputusan yang nantinya diambil Saudi menjadi pelajaran bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) ataupun jamaah umrah agar lebih memperhatikan kondisi kesehatan diri dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” pinta Bamsoet, Rabu, (18/11).

Diharapkan, Kementerian Agama (Kemenag) dan PPIU dapat memastikan keberangkatan jamaah umrah selanjutnya terbebas dari Covid-19 dan dalam keadaan sehat berdasarkan keterangan dokter, dengan terus mengecek kesehatan para calon jamaah yang akan berangkat hingga hari keberangkatan tiba.

“Ini sebagai upaya pemerintah mencegah terjadinya kembali jamaah umrah terinfeksi Covid-19 saat tiba di Saudi,”tutur dia

Dia mendorong pemerintah Indonesia melalui KJRI Jeddah untuk meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait lainnya di Arab Saudi dalam mengevaluasi pelaksanaan umrah.

“Khususnya yang terkait dengan penerapan dan kepatuhan jamaah terhadap protokol
kesehatan pencegahan Covid-19, mulai dari persiapan keberangkatan dari daerah asal hingga kepulangan jamaah ke Tanah Air Indonesia,” pungkasnya.(d/2).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini