oleh

Kota Padang Tetapkan Tanggap Darurat Banjir Tujuh Hari

PadangDetakpos – BNPN menyatakan Pemerintah Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, menetapkan tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor selama tujuh hari, sejak 3-9 November.

“Tanggap darurat banjir dan longsor dilakukan tujuh hari, meskipun banjir telah surut,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, di Bojonegoro, Senin (5/11).

Lebih lanjut ia menjelaskan hasil kaji cepat penananganan darurat berncana banjir dan tanah longsor yang terjadi, Jum’at, 02 November 2018, pukul 13:00 WIB.

Sebab banjir dan tanah longsor, disebabkan intensitas hujan yang tinggi dan meluapnya DAS Sungai Beringin yg mengalir ke Sungai Batang Arau serta Sungai Banda Bakali yang berada di Kota Padang.

Sesuai data banjir melanda antara lain melanda di Kecamatan Bungus Teluk Kabung,Bungus Barat,Lubuk Begalung,Pegambiran Ampalu, Batung Taba, dan Gurun Laweh.

Dilaporkan dua orang meninggal dunia yaitu Jihat Melani (6) karena terbawa arus sungai. Selain itu, Pasilah Azham (10), hanyut terbawa arus sungai.

Warga yang terdampak 756 kepala keluarga (KK), yang mengungsi hanya sebagian kecil di rumah kerabatnya. Sebanyak 29 KK terisolir akibat jembatan hanyut dan putus sehingga mencari alternatif jalan lain yang jauh dari pemukiman
.

Dalam kejadian itu sekitar 1.400 unit rumah terendam, tiga unit rumah hanyut, satu unit jembatan hanyut , satu unit jembatan gantung putus
.

“Jalan di Kelurahan Padang Besi – Kelurahan Beringin longsor menutupi sebagian badan jalan,” ucapnya.

BPBD Kota Padang beserta insan kebencanaan telah di lokasi kejadian guna melakukan monitoring dan evakuasi kepada masyarakat terdampak .

Selain itu, juga berkoorinasi dengan TNI, Polri, Damkar, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Kecamatan, Kelurahan dan Relawan setempat untuk melakukan tindakan arahan serta pendataan.

“Pembersihan material lumpur sebagian rumah penduduk dan Fasilitas Umum. Penyaluran bantuan makanan dan logistik oleh BPBD Kota Padang, Dinsos,” ucapnya. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini