oleh

KPS Perkenalkan Hewan Dilindungi Kepada Siswa SD Gresik

GresikDetakpos – Komunitas Pecinta Satwa (KPS) memperkenalkan berbagai binatang yang dilindungi kepada para siswa SD Muhamadiyah 1 Wringinanom, Gresik, Jawa Timur, sebagai usaha meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan stawa nasional, Selasa (5/11).

Pemilik binatang dilindungi dari KPS Nuning Asmiati menjelaskan binatang Kukang bisa dimiliki dengan mengantongi surat izin.

“Karena kami kelompok komunitas pecinta satwa, kami mendapat surat izin untuk itu,” kata dia kepada para siswa SD Wringinanom, Gresik.

Menurut dia, KPS yang datang atas undangan SD Muhammadiyah Wringinanom 1, memperkenalkan satwa yang dilindungi sekaligus berinteraksi kepada para siswa setempat bisa menumbuhkan rasa sayang pada sesama makhluk Allah.

“Hewan juga makhluk ciptaan Allah SWT, mari kita sayangi mereka,” kata Kepala SD Muhammadiyah Wringinanom Mufidatul Latifah.

“Penting sekali untuk menyayangi hewan, karena itulah salah satu cara untuk menghindarkan mereka dari kepunahan,” kata Mufidatul menambahkan.

Dalam kegiatan yang berlangsung sekitar 2 jam ini, siswa diajak untuk mengamati serta berinteraksi dengan hewan yang dibawa, di antaranya, ada juga ular.

Sejumlah siswa SD Wringinanom 1 Gresik, melihat berbagai binatang koleksi KPS. (Istimewa/19)

Jenis hewan yang ada diantaranya adalah elang, burung hantu, kukang, musang, ular piton. Semua hewan yang dibawa ini adalah jenis hewan lokal.

Hewan-hewan ini didapatkan dengan membeli, diternakkan, maupun didapat dari rumah warga.
Diantara hewan yang dibawa ada beberapa jenis yang tergolong hewan dilindungi yaitu elang dan kukang.

Yang menarik perhatian siswa adalah hewan kukang karena mereka menjumpai hewan ini di beberapa film kartun di stasiun televisi yang sering mereka saksikan.
“Gerakannya lambat,” ucap salah seorang siswa Safira Diyah Novitasari sambil mengelus kukang yang digendongnya.

“Kukang ini hewan dilindungi, apa boleh diperjualbelikan?,” tanya Farah Anggraeni Prayogo setelah tahu bahwa kukang tersebut diperoleh dengan cara dibeli. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini