oleh

Masuk Ka’bah, Presiden Jokowi Pun Cium Hajar Aswad

MakkahDetakpos-Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama kedua putranya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, telah menunaikan ibadah umrah pada Senin pagi 15 April 2019.

Pada kesempatan itu, Presiden, Ibu Iriana dan rombongan terbatas berkesempatan masuk ke dalam Ka’bah.

Usai masuk ke dalam Ka’bah, Presiden bersama rombongan,  melakukan tawaf yang kemudian dilanjutkan dengan shalat Sjubuh berjamaah di depan Multazam.

Setelah itu, Presiden bersama rombongan melaksanakan sa’i. Mengakhiri ibadah umrah, Presiden dan rombongan melakukan tahalul pada pukul 06.37 waktu setempat.

Turut serta mendampingi Presiden, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Presiden, Ibu Iriana dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada Senin, 15 April 2019 pukul 01.57 waktu setempat, setelah menempuh penerbangan selama 1 jam 30 menit.

Dari bandara, Presiden beserta keluarga  langsung menuji kota suci Makah  untuk melaksanakan ibadah umrah.

Waktu meninggal Kota Riyad, Jokowi beserta rombongan sudah mengenakan pakaian ihrom.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Raja Salman menggelar pertemuan bilateral di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas), Minggu sore, 14 April 2019.

Dalam pertemuan yang berlangsung selepas jamuan santap siang itu, Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat akan meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan, kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat inonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi Jamaah Haji Indonesia.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” ucap Retno.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral itu menyampaikan, Raja Salman juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinannya di dunia islam.

“Dari pembicaraan tadi tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara,” ujar Retno.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin. Sumber : Kemlu

Editor : A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini