oleh

Pemkab Bojonegoro Umumkan Musim Hujan Oktober

BojonegoroDetakpos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, mengumumkab bahwa masuk musim hujan di daerahnya mulai Oktober yang merupakan masa transisi peralihan dari musim kemarau masuk musim hujan.

“Pada bulan Oktober di Bojonegoro memiliki nilai curah hujan rendah,”kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Djoko Lukito, dalam release malalui surat yang diterima detakpos di Bojonegoro, Senin (7/10).

Ia di dalam surat tertanggal 4 Oktober 2019 itu menyatakan prakiraan masuk musim hujan di daerahnya itu mengacu surat edaran dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Malang yang berisi prakiraan hujan pada Oktober, November dan Desember.

Ia menyebutkan rata-rata curah hujan di daerahnya berkisar 21-50 milimeter, dengan kemungkinan memasuki peralihan musim kemarau ke musim hujan.

“Kemungkinan hujan intensitas ringan di sebagian wilayah Bojonegoro,” katanya.

Sedangkan pada November di wilayah setempat nilai curah hujan menengah dengan rata-rata berkisar 151-200 milimeter dengan kemungkinan hujan intensitas sedang di sebagian wilayah.

Pada Desember memiliki curah hujan menengah- tinggi dengan rata-rata berkisar 151-200 milimeter dengan kemungkinan hujan intensitas sedang di sebagian wilayah.

Terkait prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG itu, pemkab mengimbau masyarakat di daerah potensi bencana bersiap melakukan upaya pencegahan meningkatnya potensi bencana angin kencang, longsor, banjir bandang, juga banjir luapan sungai.

“Selain potensi bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih terjadi,” ucapnya menambahkan. (*)

Penawarta: Agus S
Editor: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini