oleh

Presiden Joko Widodo Resmikan Ruas Tol di Jatim dan Jateng

JombangDetakpos-Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 38 Km, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km, Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol 6 Km dan Jalan Tol Jombang-Mojokerto Seksi Bandar-Kertosono sepanjang 1 Km pada hari Kamis (20/12).

Peresmian yang berlangsung di Simpang Susun Bandar, tepatnya di Km 671 Jalan Tol Jombang-Mojokerto ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti secara langsung oleh Presiden Jokowi. Turut hadir dalam peresmian yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani, Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo, Direktur Utama PT Jasamarga Gempol-Pasuruan Rahardjo, Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Iwan Moedyarno beserta jajaran direksi kelompok usaha Jasa Marga

“Pagi hari ini akan kita resmikan empat ruas jalan tol di Provinsi Jawa Timur, yaitu Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar dan Relokasi Porong-Gempol serta Pasuruan-Grati, sepanjang 59 Km dan nantinya di Jawa Tengah akan diresmikan Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 Km,” ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya.

Menurutnya, dari pembukaan jalan tol di Provinsi Jawa Timur maupun Provinsi Jawa Tengah artinya Jakarta-Surabaya tersambung dan bisa dilalui kendaraan, yaitu panjangnya kurang lebih 741 Km.

Presiden juga mencoba jalan tol baru sepanjang 341 Km dari Surabaya menuju Jembatan Kali Kuto Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

“Kita harapkan dengan telah selesainya dan tembusnya Jakarta-Surabaya ini, kita ingin infrastruktur betul-betul punya manfaat. Lebih memudahkan, lebih murah dan lebih cepat,” ungkap Jokowi. Selain itu keberadaan jalan tol juga memberikan alternatif kepada masyarakat untuk memilih menggunakan jalan tol atau arteri.

Dari keempat jalan tol yang diresmikan baru saja, tiga diantaranya dikelola oleh Jasa Marga dan Kelompok Usaha Jasa Marga, yaitu Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri yang dikelola oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang dikelola oleh PT Jasamarga Gempol Pasuruan, Jalan Tol Surabaya-Gempol Relokasi Porong-Gempol yang dioperasikan oleh Cabang Surabaya-Gempol. Ketiga jalan tol tersebut telah beroperasi seutuhnya dan menjadi bagian Jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Keberadaan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Jalan Tol Gempol-Pasuruan dan Jalan Tol Surabaya-Gempol Relokasi Porong-Gempol ini mendorong percepatan dan peningkatan arus barang dan jasa, khususnya untuk wilayah Jawa Timur, serta perkembangan pariwisata di daerah sekitar.

Selain meresmikan empat jalan tol di Jawa Timur, Presiden Jokowi juga akan meresmikan tiga jalan tol di Jawa Tengah, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura pada hari yang sama.(dib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini