oleh

Waspadai ISPA di Musim Pancaroba

BojonegoroDetakpos – Musim pancaroba,   peralihan dari kemarau ke musim hujan atau sebaliknya, banyak penyakit yang perlu diwaspadai, seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), batuk, pilek, influenza dan lain lain.

Di musim pancaroba, ISPA perlu diwaspadai tapi untuk data hingga hari ini, (04/04/2019), Dinas Kesehatan), belum diberikan oleh Puskesmas di Bojonegoro.

“Tapi yang pasti tidak ada kenaikan yang signifikan dan masih sama dengan tahun lalu, kalau dihitung pertahun sekitar 10.000 kasus ISPA di Bojonegoro,” jelas Kasi Penyakit Menular, Dinkes Bojonegoro,  Jawa Timur  Dr Wenny.

Dikatakan lebih lanjut, untuk menghindari penularan yang lebih luas ada etika ketika batuk dan bersin bagi mereka yang sudah terjangkit.

“Bagi yang sudah sakit jangan batuk dan bersin sembarangan, ada etika ketika batuk atau bersin dengan menutup mulut dan hidung menggunakan  perantara seperti tisu, masker, sapu tangan. Kalau pun tidak ada jangan pakai tangan tapi gunakanlah lengan bagian kanan,” tambahnya.

Menurut Wenny, saat memasuki musim pancaroba disarankan kepada masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebagai upaya menjaga kesehatan diri sendiri.

“Hidup sehat bisa dilakukan dengan mengelola stres, istirahat yang cukup, makan secara teratur dan yang paling penting adalah minum air minimal dua liter sehari karena ketika tubuh kekurangan cairan daya tahan tubuh menurun dan kita mudah terserang penyakit,” pungkasnya.

Pewarta: Muh Irfan Aftoni
Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini