oleh

BPBD Bojonegoro Pasok 851 Tangki Air Bersih

BojonegoroDetakpos – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan air bersih yang didistribusikan kepada warga yang daerahnya mengalami kekeringan akibat kemarau sebanyak 851 tangki (5.000 liter/tangki), per 8 Oktober.

“Pendistribusian air bersih masih terus dilakukan,” kata Kepala BPBD Bojonegoro Umar Ghoni, kepada detakpos di Bojonegoro, Selasa (8/10).

Namun, menurut dia, pendistribusian air bersih memanfaatkan anggaran APBD Provinsi Jawa Timur, yang sudah mulai dilakukan sejak 13 September.

Dari data yang ada alokasi anggaran pengadaan air bersih Rp200 juta dari APBD setempat dimanfaatkan untuk pengadaan air bersih sebanyak 500 tangkiĀ  selama musim kemarau.

“Alokasi untuk pengadaan air bersih yang bersumber dari APBD sudah habis,” kata dia menjelaskan.

Sesuai data dari BPBD bahwa kesulitan air bersih melanda 67 desa yang tersebar di 19 kecamatan antara lain, Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras, Kepohbaru, Temayang, Ngasem dan kecamatan lainnya.

“Warga yang kesulitan air bersih sebanyak 4.860 kepala keluarga (KK). Tidak semua desa yang meminta pasokan air bersih mencantumkan jumlah warganya yang kesulitan air,” katanya.

Menurut BPBD berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Malang, di daerahnya masuk musim hujan mulai Oktober dengan intensitas hujan ringan. (*)

Penawarta: Agus S
Editor: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini