oleh

Serah Terima Program Mentari Covid-19

YogyakartaDetakpos.com-Mentari Covid-19 MPKU PP Muhammadiyah menyelenggarakan acara “Serah Terima amal Bantuan Program Mentari Covid-19), Kamis, (22/10/2020).

Kegiatan yang diselenggaran live zoom dari RS PKU Muhammadiyah Gamping – Yogyakarta ini dihadiri oleh Direktur USAID Indonesia, Kemenkes, Ketua PP Muhammadiyah, MPKU, dan perwakilan dari Rumah Sakit Muhammadiyah/Aisyiyah (RSMA).

Acara ini dibuka dengan Laporan dari Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadyah Drs. Agus Samsudin, MM. Dia menyampaikan terima kasih kepada United States Agency for International Development (USAID) atas bantuan berupa APD dan Alat Kesehatan untuk membantu para tenaga kesehatan berperang melawan covid 19.

USAID merupakan badan pembangunan internasional dari Amerika Serikat (AS), bermitra dengan berbagai Negara untuk memperkuat kapasitas dan komitmen dalam mengatasi tantangan pembangunan.

Direktur USAID Indonesia Mr. Ryan Washburn dalam sambutannya menghimbau agar kita harus bersatu padu untuk melawan covid-19, hal itu bisa dimulai dengan meningkatkan keamanan bagi para petugas kesehatan salah satunya dengan cara memberikan bantuan Alat Pelindung diri (APD).

USAID telah berkomitmen senilai lebih dari 10,2 Milyar Rupiah dalam bentuk dukungan langsung untuk 30 RSMA, Jumlah tersebut mencakup pelatihan, peralatan dan persiapan fasilitas untuk melindungi tenaga kesehatan dan meningkatkan kualitas perawatan. Beliau juga sangat mengapresiasi upaya MPKU Muhammadiyah dalam merespon Pandemi. Salain itu Pemerintah AS telah memberikan sekitar 187 Milyar rupiah untuk Indonesia sejak wabah ini mulai.

Dia menekankan bahwa tenaga kesehatan merupakan lini terdepan perjuangan melawan Covid -19 oleh karena itu mereka berhak mendapatkan perlindungan melalui peralatan seperti APD karena hanya dengan tenaga kesehatan yang kuat dan sehat kita bisa mengatasi masa sulit seperti saat ini. USAID berkerjasama dengan Muhammadiyah dalam beberapa hal, diantaranya memperluas akses informasi tentang tuberculosis atau TBC untuk mengurangi stikma antara tenaga kesehatan dan masyarakat umum serta membudayakan perilaku cuci tangan dengan sabun untuk menurunkan penyebaran penyakit pernapasan.

“Mari kita selamatkan lebih banyak jiwa dan kami bangga bisa membantu sahabat-sahabat kami di Indonesia “ tutup Mr. Ryan.

Kepala Subdit Pelayanan Gawat Darurat Terpadu Kementrian Kesehatan RI, dr. Asral Hasan, MPH, mengapresiasi sebesar-besarnya kepada USAID dan MPKU yang membantu menangani Covid 19. Beliau berharap program ini dapat membantu RSMA dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia.

dr. Agus Taufiqurrohman, Sp. S., M. Kes (Ketua PP Muhammadiyah) dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada MPKU, USAID dan Kemenkes yang telah mengawal program ini. Bagi muhammadiyah perang jihad kemanusiaan ini adalah bagian dari kecintaan muhammadiyah dalam menjaga Negara yang kita cintai.

Acara ini ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolik berupa APD senilai Rp 4,6 Milyar dari USAID kepada Kemenkes, yang oleh kemenkes diserahkan kepada PP Muhammadiyah untuk diberikan kepada RSMA yang dalam acara ini diwakili oleh Direktur utama RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta dr. Ahmad Faesol, Sp.Rad.,M.Kes.,MMR dan penayangan video Distribusi APD kepada 30 RSMA. Semoga Pandemi ini segera berakhir agar tidak ada lagi korban baik dari tenaga kesehatan ataupun masyarakat.(d/7).

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Detakpos Terkini