Posko Kawal Pasokan BBM dan Listrik

Jakarta-Detakpos-Dalam rangka mengamankan penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM), Gas, Listrik dan antisipasi kebencanaan Geologi di seluruh wilayah Indonesia saat Hari Raya Idulfitri 1440H, Kementerian ESDM membentuk Posko Nasional Sektor ESDM di bawah koordinator Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik).

“Tim Posko Nasional Sektor ESDM siap bertugas mulai hari ini, 21 Mei 2019 dan bertugas selama 30 hari ke depan untuk mengawal pasokan BBM, LPG, listrik dan antisipasi kebencanaan geologi,” ungkap Dirjen Gatrik, Rida Mulyana pada Diskusi Forum Medan Merdeka 9 (FMB9) dengan tema “Mudik Aman dan Lancar”, di Kementerian Kominfo Jakarta, kemarin.

Rida menyebut, ketahanan stok berbagai jenis BBM pada masa posko di atas 20 hari, sementara untuk Avtur ketahanannya hingga 48 hari untuk mengantisipasi penerbangan tambahan.

“Stok BBM pada periode mudik lebaran dipastikan aman. Petugas juga siap mendistribusikan BBM ke titik-titik macet dengan kendaraan bermotor, per kaleng 10 liter-an,” tegasnya.

Pasokan listrik pada libur lebaran juga dipastikan aman, mengingat beban yang lebih rendah daripada hari biasa. “Biasanya jelang lebaran makin aman, pabrik tutup, kantor tutup. Meski demikian karena cuaca belum kondusif, kami tetap mengantisipasi apabila terjadi gangguan,” ujar Rida.

Apabila ada gangguan, lanjutnya, dapat menghubungi layanan PLN 123 atau Call Center Kementerian ESDM 136.

Ia juga menuturkan bahwa Posko juga memantau kesiagaan bencana geologi, khususnya gunung berapi yang berstatus AWAS dan SIAGA, agar masyarakat dapat beribadah dan merayakan Idulfitri dengan tenang.

Sumber: Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *