oleh

Elia Massa Dicopot, Nicke Plh Dirut Pertamina

JakartaDetakpos-Direksi PT Pertamina (Persero), Dewan Komisaris dan Direksi telah mengkaji implementasi komprehensif yang telah disampaikan kepada Menteri BUMN sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN Nomor 039/MBU/02/2018 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan dan Pengalihan Tugas Anggota-anggota.

Adapun keputusan Menteri BUMN adalah memberhentikan dengan hormat direksi Direktur Utama Elia Massa Manik, M Iskandar, Toharso, Dwi W Daryoto, dan Ardhy N Mokobombang.

Selain itu Dewan Komisaris juga menyampaikan pandangan terkait kondisi Pertamina terkini termasuk beberapa kejadian di Balikpapan, proyek kilang dan kondisi keuangan perusahaan.

Berdasarkan laporan dan pendapat Dewan Komisaris, serta mempertimbangkan pelaksanaan serta implementasi restrukturisasi Pertamina berdasar SK 039, Kementerian BUMN memutuskan melakukan penyegaran terhadap susunan direksi Pertamina, termasuk direktur utama.

”Sudah tepat yang dilakukan oleh Menteri BUMN mencopot Elia Massa Manik, karena memang kinerja Pertamina menurun selama ia pimpin dan kerugian terus bertambah,”ungkap Ketua Umum DPP Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersatu Arief Poyuono di Jakarta, Sabtu, (21/4).

Mengingat belum ditunjuknya direktur utama definitif, maka pemegang saham memutuskan agar Pelaksana Tugas Harian Direktur Utama Pertamina diisi oleh 

Nicke Widyawati selaku Direktur SDM.Nicke juga merupakan Ketua Komite dan Implementasi Holding Migas.

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Harry Fajar Sampurno menegaskan bahwa BUMN memiliki dua peran penting dalam pembangunan Indonesia.

Menurut Arief, Harus ganti the dream Team di Pertamina dengan sosok sosok yang punya kapasitas memimpin BUMN Migas ini ”Dari awal kan sudah Saya prediksi kalau Elia Massa Manik Itu tidak akan mampu memimpin Pertamina yang syarat dengan banyak kepentingan bisnis para petinggi negara ini,”tutur dia.

Karena itu dia mengharapkan pengantinya itu benar benar dari legacy Pertamina sendiri yang sudah banyak pengalaman dan berprestasi, serta mengerti seluk beluk bisnis Pertamina.

Dan yang penting tidak mudah diintervensi oleh para mafia impor Migas Sosok Dirut Pertamina,lanjut Arief,  bisa dari mantan Direksi Pertamina yang berasal dari Legacy Pertamina yang pernah punya prestasi selama memimpin Pertamina(d2(

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini