oleh

Elia Massa: Tidak Perlu Berpolemik Pergantian Dirut Pertamina

JakartaDetakpos-Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik menerima keputusan Dewan Komisaris  yang telah memberhentikan dirinya dari jabatanya di perusahaan pelat merah ini.

Elia Massa Manik pun menyampaikan terimakasih yang tulus untuk segala perhatian dan dukungan kepada dirinya selama 13 bulan menjabat sebagai Dirut Pertamina.

”Saya menerima keputusan pemegang saham, organisasi  tertinggi di dalam korporasi dengan lapang dada. Ini yang terbaik yang diberikan Tuhan saat ini,”ujar dia dalam rilis yang diterima Sabtu malam, (21/4).

Namun dia berharap kalau boleh jangan dibuat polemik, karena jabatan bukan segalanya, hanya sarana untuk berkontribusi.

Elia Massa pun berpesan kepada semua kolega kerjanya  di Pertamina. ”Hanya dua dan itu merupakan pesan yang paling sering saya sampaikan selama ini,”tambah dia.

Pesan pertama, menurut dia, adalah perubahan mindset dan perlu kerja keras untuk mengejar ketertinggalan, karena di habitatnya Pertamina sangat kecil dibandingkan dengan NOC2 lainnya.

Karena menyangkut masalah fundamental industri yang very high risk, very high capital intensive, high technological exposure dan menguasai hajat hidup orang banyak, sehingga sangat highly regulated.

”Terus upayakan updating ke regulator tentang regulasi yang dibutuhkan.”

Kedua, menurut dia, terus mengajarkan cara bekerja Jujur tulus amanah, dan Loyal ke Institusi bukan individu di dalam dan luar perusahaan (fundamental human capital).

‘”Walau saya sudah melakukan yang terbaik, tentu saya tidak sempurna, dan mungkin belum banyak yang bisa saya lakukan selama 13 bulan,”tambah dia.

Dia berharap mudah mudahan benih benih baik yang sudah ditanam dipelihara dan akan dimekarkan pada saatnya.

”Tentu kritik juga perlu dan saya terima dengan terbuka. Dukung Pertamina di bawah kepimpinan yang baru nantinya untuk dapat mengambil bagian dalam mewujudkan ketahanan energi ke depan.

”Satu kehormatan bagi dirinya bisa mengenal dan bekerja sama dengan semua pihak. ”Mohon maaf lahir batin, bila ada kata dan perbuatan yang tidak berkenan selama ini,”pungkas dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN memberhentikan dengan hormat direksi Direktur Utama Elia Massa Manik, dan sejumlah direksi mekalui Dewan Komisaris.Selain itu Dewan Komisaris juga menyampaikan pandangan terkait kondisi Pertamina terkini termasuk beberapa kejadian di Balikpapan, proyek kilang dan kondisi keuangan perusahaan..(d4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini