oleh

Tiga Tahun Tanpa Kejelasan Akhirnya Izin Kilang Mini Turun

Bojonegoro Detakpos -Setelah tiga tahun stagnan dan tidak ada kabar rencana pembangunan Mini Refinery (kilang minyak mini) di Bojonegoro mulai menunjukkan titik cerah.

‘’Saat ini kami sudah mengantongi ijin pembangunan pengolahan minyak sementara dari kementerian ESDM,’’ kata Diretur PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS) Tonny Ade Irawan. Dia menjelaskan minggu lalu izin tersebut sudah dikantongi pihaknya dari kementerian ESDM.

Tonny kemudian menjelaskan sebelum ini proses perijinan pembangunan kilang minyak mini yang diajukan PT BBS sebagai BUMD milik Pemkab Bojonegoro seperti telur dan ayam. Dimana lanjut dia saat mengajukan ijin pembangunan oleh kementerian ESDM dikatakan harus memiliki alokasi minyak dulu. Begitupun lanjut dia sebaliknya saat mengajukan permohonan alokasi Crude Oil (minyak mentah) oleh kementerian ESDM diminta harus punya ijin dulu. ‘’Ini kan seperti telur dan ayam dan berlangsung tiga tahun,’’ imbuhnya.

Namun pria yang juga pernah menjadi wartawan itu mengungkapkan dalam tiga bulan terkahir ini pihaknya berusaha memecahkan telur yang dimaksud. Dan dengan berbagai terobosan permasalahan yang tiga tahun buntu tersebut bisa diselesaikan. ‘’Alhamdulilah akhirnya keluarlah izin yang dimaksud setelah tiga tahun tanpa kejelasan,’’ jelasnya.

‘’Kami diberikan waktu 2 tahun untuk memulai melakukan pembagunan kilang minyak mini,’’ kata direktur PT Tierra Energi Perkasa Edwargo Setjadiningrat yang merupakan mitra PT BBS dalam pembangunan kilang minyak mini. Dia menuturkan bersyukur proses tiga tahun yang stagnan bisa dilakukan terobosan hingga keluar izin dari kemnterian ESDM. Pria itu menjelaskan mini refinery yang dibangun bersama PT BBS nantinya direncanakan berkapasitas 10 ribu barel per hari.

‘’Meksipun baru izin yang keluar tapi ini luar biasa,’’ kata ketua Komisi B DPRD Bojonegoro Sigit Kusharijanto. Sebab menurut dia tiga tahun rencana pembangunasn kilang minyak mini tanpa kejelasan. ‘’Saat ini mulai ada titik cerah,’’ tuturnya.

Karena itu dia menuturkan PT BBS untuk segera melanjutkan proses pembangunan kilang minyak mini. Sehingga tambah dia pembangunannya bisa segera dilakukan dan membawa manfaat bagi masyarakat Bojonegoro. ‘’Kami akan terus dukung proses ini,’’ tuturnya. (tim/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini