oleh

Manfaat Olahraga Untuk Menyembuhkan Stres

Mens Sana In Corpore Sano, kamungkinan hampir semua orang pernah mendengar kalimat berbahasa latin itu, yang artinya “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat/kuat”.

Saya pertama kali mengetahui  kalimat ini ketika masih di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari guru olahraga saya, dengan penjelasan bahwa kita harus melakukan olahraga agar badan kita sehat dan kemudian jiwa kita juga ikut sehat.

Selama ini olahraga telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan kebugaran, menjaga berat badan ideal serta mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kanker.

Manfaat tersebut telah dibuktikan melalui berbagai macam penelitian sehingga olahraga telah menjadi salah satu bagian penting dalam perubahan gaya hidup yang ditujukan untuk perbaikan kesehatan tubuh.

Lebih dari itu, Dr. Ashish Sharma, dkk dari University of Nebraska Medical Center, Amerika Serikat  menulis dalam Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry, bahwa olahraga, khususnya olahraga aerobik seperti  jalan kaki, renang, lari, bersepeda, berkebun memiliki manfaat positif untuk kesehatan jiwa, yaitu untuk mengurangi  kegelisahan, depresi (tekanan jiwa) dan susasana hati (mood) yang jelek.

Dr. Ashish Sharma, dkk menjelaskan dalam jurnal tersebut bahwa olahraga dapat memperbaiki kesehatan jiwa karena olahraga akan meningkatkan  sirkulasi darah dan mepengaruhi aktifitas salah satu bagian otak yang disebut hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA), yang bereaksi secara fisiologis terhadap stres.

Jadi olahraga bisa menjadi bagian penting dalam intervensi untuk meningkatkan kesehatan jiwa. Saat kita mengalami kegelisahan, depresi dan mood yang buruk, maka olahraga bisa kita jadikan “obat” yang mudah dan murah untuk membuat jiwa kita sehat kembali.

Adapun olahraga yang dapat memberikan manfaat yang signifikan adalah olahraga dengan intensitas sedang seperti jalan cepat, yang dilakukan selama 30 menit perhari dengan frekuensi paling tidak 3 kali dalam seminggu.

Selamat berolahraga dan dapatkan bonus kesehatan tubuh dan kesehatan jiwa. (*)

 

(Nove Zain Wisuda SKM Universitas Indonesia ,dan Alumnus KIT Amsterdam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini