oleh

Proliga 2018 – Petrokimia Ingin Sapu Bersih di Kandang

GresikDetakpos – Usai perhelatan seri kedua di Batam, pekan lalu, kompetisi kasta tertinggi bola voli di Indonesia, Proliga 2018, kini memasuki seri penutup putaran pertama di GOR Tri Dharma, Gresik, 2-4 Februari.

Persaingan antartim dipastikan akan semakin tajam, apalagi pada seri ketiga ini akan memperebutkan gelar juara putaran satu.

Gresik Petrokimia yang menjadi tuan rumah seri ketiga ini, baru memetik satu kemenangan dari empat laga. Dua laga akan dijalani tim asuhan M. Hanafi itu di hadapan publik sendiri pada hari pertama (2/2) melawan Bekasi BVN dan hari terakhir (4/2) menghadapi juara bertahan Jakarta Elektrik PLN.

Kendati tidak berpeluang meraih gelar juara putaran pertama, Gresik Petrokimia ingin sapu bersih dua laga itu. Saat ini tim asal Kota Pudak itu berada satu tingkat di atas juru kunci alias posisi keenam klasemen sementara dengan nilai dua dari hasil satu kemenangan 3-2 dan tiga kekalahan.

Manajer Gresik Petrokimia, Sasono Handito menargetkan dua kemenangan di kandang sendiri. “Wajib menang di Gresik. Karena sudah tiga kali kalah, di depan publik sendiri kita harus menang,” ujar Handito.

Untuk mencapai target tersebut, mantan pemain sepakbola itu mengungkapkan, pihaknya akan melakukan perbaikan dalam tim, termasuk menambah tenaga di sektor pelatih dan menambah satu pemain asing.Pelatih kepala nantinya akan diisi Viktor Laiyan.

“Manajemen Petrokimia sudah mengusulkan nama Viktor untuk menjadi pelatih kepala,” tuturnya. Sebelum ini, posisi pelatih kepala dipegang oleh M. Hanafi.

Sedangkan pemain yang baru akan didatangkan dari Puerto Rico, Shirley Ferrer. “Mudah-mudahan seri ketiga ini Viktor dan Shirley sudah bisa bergabung dengan Petrokimia,” tambah dia.

Sementara itu, di sektor putra, Surabaya Bhayangkara Samator yang berada di posisi keempat dari lima peserta klasemen sementara juga melakukan perbaikan dengan memasukkan satu pemain asing lagi yakni Reidel Alfonso Gonzalez Toiran.

Pemain asal Kuba ini pernah lama memperkuat Samator, terakhir tahun 2016.Hal ini dilakukan, menurut manajer Samator, Hadi Sampurno, mengingat persaingan di sektor putra sangat ketat. Samator akan menghadapi kuda hitam Bekasi BVN, Sabtu (3/2).

“Kita mewaspadai BVN, karena BVN sudah mengalahkan BNI 3-1 dan kalah 2-3 dari Bank SumselBabel. Ini sangat berbahaya bagi Samator,” ujar Hadi Sampurno.

Samator berada di posisi keempat klasemen sementara dengan nilai tiga dari hasil satu kali menang 3-2 dan kalah dua kali kalah dengan skor masing-masing 2-3 dan 1-3.

Sedangkan BVN di peringkat kedua dengan nilai empat dari hasil sekali menang 3-1 dan kalah dua kali kalah 0-3 dan 2-3.
Tim putra Jakarta Pertamina Energi dipastikan meraih gelar juara putaran pertama.

Tim asuhan Andri Widiatmoko itu berada di puncak klasemen sementara dengan nilai sempurna sembilan dari tiga kemenangan dengan skor masing-masing 3-0 dan 3-1.

Di Gresik, Agung Seganti dan kawan-kawan akan menghadapi Palembang Bank SumselBabel, Jumat (2/2).

Apapun hasil menghadapi Bank SumselBabel, Pertamina tetap tidak tergoyahkan di posisi puncak. Bank SumselBabel memang masih memiliki kesempatan dua laga.

Dengan dua kemenangan di Gresik sekalipun, pasukan Samsul Jais tidak bisa mengejar peringkat Pertamina. Karena kemenangan yang dicapai tim asal Sumatra Selatan itu dengan skor 3-2, sedangkan Pertamina menang dengan skor 3-1 dan 3-0.

Seperti diketahui, peraturan yang baru menetapkan penentuan peringkat ditentukan dari nilai kemenangan. Jika sama, maka dilihat poin atau nilai. Jika tetap sama baru dilihat set rata-rata. Kemenangan skor 3-0 atau 3-1 nilai tiga dan yang kalah nol. Sedang skor kemenangan 3-2, tim yang menang dua dan kalah satu. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini