oleh

Ribuan Warga Gresik Ikuti “Gowes” GPN

GresikDetakpos – Ribuan warga Gresik, Jawa Timur, mengikuti “gowes” dengan jarak tempuh 20 kilomter dalam “Event Gowes Pesona Nusantara” (GPN) program Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan tajuk  Etape Joko Samudro, Minggu (3/9/3017).

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim dan sejumlah perwakilan dari Kementerian Pemuda mengatakan,  event GPN tidak hanya untuk berolahraga, namun para peserta juga mengunjungi sejumlah objek wisata.

“Peserta juga kami ajak untuk menikmati pemandangan kota tua (wisata heritage). Salah satunya adalah dengan menyaksikan rumah yang terkenal dengan sebutan Gajah Mungkur, tepatnya di daerah Kemuteran Gresik,” kata dia sebelum memberangkatkan peserta gowes.

Tak hanya itu, para perwakilan dari Kemenpora juga diajak berwisata religi. Yakni dengan mengunjungi makam Maulana Malik Ibrahim di daerah Gapurosukolilo Gresik yang dulunya merupakan penyebar agama Islam di Gresik ini.

Pada acara gowes tersebut juga dilaksanakan penyerahan segumpal tanah dari petilasan giri kedaton. Nantinya, tanah yang dikumpulkan dari berbagai kota dan kabupaten yang melaksanakan event Gowes Pesona Nusantara akan disatukan dalam sebuah tugu.

Tugu tersebut rencananya akan dibuat di Kabupaten Magelang sebagai wilayah terakhir yang melaksanakan GPN pada tanggal 9 September 2017 mendatang.

“Hal tersebut merupakan simbol pemersatu bangsa. Yang mengacu pada jargon Bhinneka Tunggal Ika. Walaupunberbeda tetapi tetap satu juga,” katanya.

Wakil Bupati Moh. Qosim mengatakan bahwa tujuan dari event ini adalah agar olahraga menjadi budaya di masyarakat , terutama dalam bersepeda.

“Kami sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam mengikuti event ini. Mudah-mudahan kebiasaan berolahraga senantiasa tertanam dalam diri kita,” ucapnya.

Ia juga menyebutkan  rute yang dilalui kegiatan GPN, mulai dari Gelora Joko Samudro, Jalan Veteran, Jalan R.A Kartini, Jalan Tri Darma, Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Jalan Pahlawan, Jalan Wachid Hasyim, dan Jalan Raden Santri.

Selain itu  Jalan Nyai Ageng Arem-arem, Jalan KH. Kholil, Jalan AKS. Tubun, Jalan Setia Budi, Jalan Malik Ibrahim, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Veteran dan Finish kembali di Gelora Joko Samudro. (iis/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini