oleh

Rusuh Suporter, Sejumlah Mobil dan Motor Dirusak

BlitarDetakposPersebaya Surabaya melangkah ke final Piala Gubernur Jatim 2020 usai mengalahkan Arema FC 4-2 di Stadion Gelora Soeprijadi, Kota Blitar, Selasa (18/2/2020).

David da Silva menjadi bintang dalam laga tersebut dengan mencetak dua gol.

Pada laga final, Persebaya Surabaya bakal menghadapi Persija Jakarta. Rencananya, laga final Piala Gubernur Jatim 2020 digelar Kamis (20/2/2020).

Sayang partai semifinal antara Persebaya lawan Arema FC Malang  dinodai oleh insiden antar suporter di luar stadion.

Panitia pelaksana melaporkan pelaksanaan pertandingan semifinal Piala Gubernur Jatim antara Persebaya Surabaya dengan Arema Malang diwarnai insiden antar suporter di luar arena stadion Gelora Soepriyadi Blitar.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono langsung membuat penjelasan dan pernyataan sikap.

Menurut Heru Tjahjono, Pemprov Jatim menyesalkan atas kejadian insiden yang terjadi di Blitar sore ini, Selasa 18 Februari 2020 yang menyebabkan adanya mobil dan motor yang dirusak. Sekaligus mengakibatkan aparat kepolisian dan supporter yang terluka.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada aparat yang cepat dan sigap bertindak sehingga dapat segera
diatasi. Kami juga mohon maaf kepada masyarakat Jawa Timur khususnya
masyarakat Blitar atas insiden ini, dan akan kami evaluasi untuk masa yang akan datang,” ujar Heru Tjahjono, di Surabaya, Selasa (18/2/2020).

Di sisi lain, lanjut Heru jika ada kerusakan tanaman, sawah, kebun serta warung yang
mungkin belum sempat terbayar, maka Pemprov Jawa Timur menugaskan Kepala Kesbangpol untuk menyelesaikan.

“Tidak menutup kemungkinan kendaraan bermotor yang dirusak juga akan didata dan kalau memungkinkan juga akan diberi pengganti biaya perbaikan,” jelas mantan Bupati Tulungagung ini.

Begitu juga jika ada yang luka dan perlu perawatan, sepenuhnya akan ditanggung oleh Pemprov Jawa Timur. Dan terhadap pelaku insiden, sepenuhnya diserahkan kepada aparat penegak hukum.

“Kami juga masih meminta laporan data dari kepolisian, PSSI, Persebaya dan Arema sekaligus jadi bahan evaluasi untuk persiapan pertandingan final besok,” kata Heru Tjahjono.

Ia berharap kepada seluruh insan dan pecinta olahraga sepak bola di Jatim pada khususnya bisa menjaga sportivitas pada laga final yang mempertemukan kesebelasan Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta sehingga enak untuk ditonton dan bisa menghibur masyarakat.

“Insyaallah Ibu Gubernur Khofifah akan hadir pada laga penutupan (final) dan menyerahkan langsung trophy dan hadiah kepada para pemenang. Mudah-mudahan tahun depan Piala Gubernur Jatim bisa lebih baik lagi,” pungkas Sekdaprov Jatim.(d/2)

Editor: A Adib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini