oleh

Exil Poll dan Quick Count Itu Bukan Hasil Manual KPU

Oleh : A Adib Hambali (*

THE Election Day (hari Pemungutan Suara) telah usai. Kemarin adalah hari yang dinantikan oleh kandidat capres-cawapres, tim kampanye, pendukung, simpatisan dan masyarakat lain. Usai pemungutan suara pun dilakukan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berikutnya penyelenggara pemilu dengan disaksikan oleh saksi capres-cawapres dan pengawas pemilu akan melakukan rekapitulasi perolehan suara pasangan capres-cawapres berjenjang dari desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional.

Rekapitulasi perolehan suara berjenjang ini membutuhkan waktu cukup lama. Hasil akhir pemungutan suara baru akan diketahui secara final usai rekapitulasi perolehan suara pasangan capres-cawapres di tingkat nasional oleh KPU RI pada Mei 2019.

Namun saling mengklaim kemenangan tidak bisa terhindari dan terjadi di Pilpres 2019. Pasangan nomor 01 Joko Widodo unggul berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei yang cukup kridibel di Tanah Air.

Hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2019 dariempat lembaga survei menunjukkan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul dengan raihan suara di atas rata-rata 54 persen. Hasil tersebut diperoleh dari data yang masuk per pukul 22.00 WIB, Rabu (17/4/2019).

Keempat lembaga tersebut adalah LSI Denny JA, Litbang Kompas, Indo Barometer, KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia), dan CSIS (Center for Strategic and International Studies) yang data masuk telah mencapai di atas 95 persen.

Sementara dua lembaga lain, yakni Kedai Kopi dan Median belum mencapai 95 persen data masuk per pukul 22.00 WIB. (CNNIndonesia,17/4/2019).

Hasil quick count LSI Denny JA menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan suara sebesar 55,7 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 45,64 persen suara. Angka tersebut didapatkan dengan jumlah 98,70 persen data masuk.

Klaim Menang

Sementara itu pasangan npmor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga mengklaim kemenangannya di Pemilu 2019 berdasarkan hasil exit poll dan quick count yang dilakukan oleh internal.

Berdasarkan exit poll dan quick count internal BPN, Prabowo-Sandi dinyatakan menang. Adapun hasilnya adalah, 55,4 persen berdasarkan exit poll dan 52,2 persen dari hasil hitung cepat internalnya.

Hasil yang diumumkan Prabowo Subianto dan tim memang berbeda dengan jumlah suara yang dirilis oleh beberapa lembaga survei yang ada. Pasalnya, pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin unggul dari Prabowo-Sandi.

Perlu dimaklumi, KPU melakukan penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara secara manual. Bukan elektronik yang rentan risiko di-hack.

Meskipun demikian, kemarin juga muncul berbagai lembaga survei merilis hasil exit poll dan quick count. Yang perlu dicatat,
exil poll dan quick count bukan real count.

Secara akademis, hasil exit poll dan quick count merupakan cerminan hasil pemilu. Namun bukan merupakan hasil akhir pemilu yang secara legal dapat dijadikan dasar penetapan perolehan suara caprer-cawapres.

Hasil akhir perolehan suara pilpres adalah yang kelak ditetapkan dan diumumkan KPU Mei mendatang.

Untuk itu masyarakat tidak perlu merespons hasil pilpres yang dirilis oleh berbagai lembaga survei secara berlebihan.

Sambut rilis hasil exit poll, quick count bahkan real count yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei secara lumrah layaknya masyarakat terdidik meresponnya, yakni merespon dengan mengedepankan budaya saling menghargai dan menghormati yang cukup tinggi.

Bangsa ini sudah maju dalam berdemokrasi, sehingga tidak akan ada yang mempertaruhkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa hanya karena merespons hasil pemilu yang dirilis lembaga survei secara emosional dan tak berbudaya. Masyarakat kita sudah cerdas. Pemilu berlangsung damai.

Betapa pun yakin, siapa pun yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden dalam pilpres adalah pilihan terbaik rakyat yang sekaigus harus diyakini sebagai yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia.

*)Penulis: Redakrur senior Detakpos

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini