oleh

Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Pariwisata Lewat “Event” Marathon

Oleh Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak., C.A.

Pencanangan “event” lari maraton sebagai pilar dari kegiatan pariwisata Kota Bandung adalah konsep yang akan berbuah manis bagi Kota Bandung. Pendapatan Kota Bandung sebagian besar berasal dari sektor pariwisata.

Kepariwisataan merupakan “core business” di Kota Bandung karena menunjang 70 persen pendapatan asli daerah (PAD) di Kota Bandung yang berasal dari sektor ekonomi kreatif, perhotelan, dan hiburan.

Pariwisata merupakan sektor utama pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung. Kota Bandung memiliki pertumbuhan ekonomi 7,6 persen, sedangkan Indonesia tumbuh sekitar 5 persen. Jadi Kota Bandung memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibandingkan rata-rata pertumbuhan Indonesia.

Bandung sebagai salah satu kota yang memiliki konsep Ekonomi Kreatif yang luar biasa istimewa ini, menjadikan even run race sebagai salah satu pilarnya. Even run race sendiri akan memberikan andil yang cukup besar bagi pemasukan pendapatan asli daerah.

“Even run race” ini biasanya diikuti oleh komunitas-komunitas pelari dari berbagai daerah dan berbagai negara asing. Misalnya event Bandung “West Java Marathon” yang berlangsung tanggal 30 Juli 2017 ini diikuti 6.500 pelari, dengan deskripsi 75 persen pelari berasal dari luar Bandung.

Nilai ekonomi yang diperoleh dari event ini secara kasar dapat dihitung dari lama tinggal di Bandung sekitar menginap selama 3 hari, makan dan minum 3 hari selama di Bandung, biaya pendaftaran terbagi sesuai kategorinya.

Ada enam kategori dalam penyelenggaraan Bandung Marathon West Java. Kategori 42 kilometer yaitu Full Marathon dengan biaya pendaftaran Rp525.000,00. Kategori 21 kilometer yaitu Half Marathon dengan biaya pendaftaran Rp400.000,00.

Kategori 10 kilometer dengan biaya pendaftaran Rp325.000. Kategori 5 kilometer dengan biaya pendaftaran Rp250.000,00. Kategori 400 meter (Kid Dash 5-6 tahun) dengan biaya pendaftaran Rp125.000,00. Kategori 200 meter (Kid Dash 3-4 tahun) dengan biaya pendaftaran Rp125.000.
   
Jika peserta Bandung West Java Marathon adalah peserta dari luar Bandung, maka penghitungan dengan menggunakan tingkat rate tengah secara konservatif, dapat ditentukan jumlah nilai sekitar Rp17.225.004.875 untuk rupiah yang dibelanjakan di Bandung atas adanya even ini.

Komponen biaya ini meliputi biaya pendaftaran, penginapan, makan, transportasi dalam kota, oleh-oleh, transportasi antar kota pulang pergi Bandung. Ingat ini adalah perhitungan penulis secara konservatif, yang tentunya jika penghitungan secara real maka akan nilai realnya jauh lebih besar. 
Melibatkan dan bekerja sama dengan semua industri dari bidang customer goods, bidang retail, bahkan bidang transportasi berbasis on line untuk melayani peserta. Apalagi dampak multiplier effectnya terhadap perekonomian masyarakat pun memiliki nilai yang cukup signifikan.

Apalagi jika event lari ini diselenggarakan lebih dari empat kali di kota Bandung, yang tentunya setiap penyelenggaran memiliki inovasi yang unik. Pariwisata akan terdongkrak dengan sendirinya.  Pariwisata berbasis event lari ini sudah sangat terseleksi dari awal.

Komunitas pelari yang mengikuti event-event seperti ini hampir dipastikan memiliki tingkat rata-rata ekonomi menengah ke atas, dan memotivasi masyarakat sekitarnya agar menjadi lebih sehat. lari menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Hal ini merupakan keuntungan bagi kota yang menyelenggarakan event-event tersebut.
Sebenarnya konsep ini bisa ditiru dengan memanfaatkan keunikan masing-masing daerah, sehingga pelari bisa merasakan sensasi atas keikutsertaan dalam event tersebut. 
   
Basis event lari menjadi pilar ekonomi suatu kota dalam membangun pariwisata adalah hal yang manis yang bisa dipetik kota tersebut. Masyarakat mendapat keuntungan ekonomi, keuntungan kesehatan, dan branding untuk pariwisata kota tersebut. (*)

   
Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak., C.A.
Ketua Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi UPNVY “Pengentasan Kemiskinan”
Kepala Pusat Penelitian UPN “Veteran” Yogyakarta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini