oleh

1,5 Juta Keping Blanko e-KTP Hasil Lelang Agustus Dibagikan

JakartaDetakpos– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sejak Minggu hingga hari ini, Jumat, 29 September 2017,  Ditjen Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, membagi sebanyak 1, 5 juta keping blanko hasil pelelangan bulan Agustus lalu.

”Setiap hari di Dukcapil Kemendagri kantor Pusat Pasar Minggu ada stock sekitar 250 ribu keping. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan,” ujar Tjahjo, Jumat.

Bagi daerah yang kehabisan blanko e-KTP, Mendagri meminta untuk segera mengambil di kantor pusat.

Tjahjo juga mengharap dinas Dukcapil segera mencetak print ready record e-KTP  rusak, hilang dan pindah datang atau perubahan status.

Karena e-KTP sudah berlaku seumur hidup, maka masyarakat tidak perlu mengganti yang tertera ada masa berlakunya. ” Untuk penggantian e-KTP akibat pemekaran wilayah dilakukan pencetakannya,” ujar dia.

Dikatakan, saat ini masih ada sekitar 7 juta perekaman yang sudah siap dicetak secara bertahap, sehingga masyarakat dapat mengecek ke dinas Dukcapil melalui call centre masing-masing dinas.

Daerah juga perlu memanggil penduduk yang e- KTP-nya sudah siap cetak. ” Sosialisasikan secara terus menerus bahwa blanko tersedia dan penduduk dapat memproses e-KTP,” tambah dia.

Menurut Tjahjo penduduk juga perlu proaktif, sebab ada 1,9 juta data ganda karena penduduk merekam lebih dari sekali untuk e-KTP. ”Penduduk perlu melapor dan dilakukan penghapusan data dan rekam ulang,”tutur Tjahjo.

Untuk perekaman baru atau antrean baru agak lama karena di data centre, ada masih antri sekitar 4,6 juta hasil perekaman sedang proses penunggakan. Antrian ini terjadi karena data centre  pernah tidak berfungsi selama enam bulan karena ada masalah hukum yang sedang bergulir saat ini. ” Tapi data terakhir sudah 94 persen lebih data penduduk dewasa yang sudah merekam,” pungkas Tjahjo.(d2detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini