oleh

84% Petani, Perlu Terobosan Tingkatkan Penghasilan

Pewarta Jarwati

BojonegoroDetakpos– Gubernur Jawa Timur, Soekarwo berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro agar lebih memikirkan nasib petani.

Pasalnya 84 persen penduduk Bojonegoro bermata pencarian sebagai petani, sehingga para petani haruslah sejahtera.

Pria yang biasa dipanggil Pakde Karwo tersebut mengatakan, bahwa pemimpin di Bojonegoro adalah untuk menyejahterakan masyarakat.

Karena sebagian besar masyarakat Bojonegoro adalah petani. Jadi harus dipikirkan terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Meningkatkan pendapatan petani adalah masalah utama yang harus dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati yang baru. Karena itu saya berharap nantinya sektor pertanian di Bojonegoro bisa lebih berkembang lagi,” ungkap dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Anna Mu’awanah sebagai bupati harus bisa mengatasi problem atau permasalahan yang dihadapi oleh petani.

Dikatakan, saat panen terjadi harga gabah dan komuditi pertanian yang lainnya menjadi anjlok, sehingga harus dipikirkan skema apa yang harus dilakukan pemerintah, untuk mengatasi masalah tersebut.

“Jangan sampai nanti petani langsung menjual gabah setelah panen. Sebab harganya akan rendah. Saran saya kalau bisa petani harus menjual hasil panen dalam bertuk yang berbeda. Yaitu sudah dilakukan proses pengolahan sebelumnya,” jelasnya.

Ditambahkan, nanti Pemkab bisa memanfaatkan gapoktan dan juga kelompok tani. Untuk kerja sama dalam pengelolaan hasil pertanian.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini