oleh

Angka Kemiskinan Turun Satu Digit, Ini Caranya

PALU– Detakpos- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa optimistis angka kemiskinan bisa turun hingga satu digit atau di bawah 10 persen.

Hal tersebut disampaikan Khofifah saat penutupan Rapat Koordinasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Se-Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Palu, Rabu (4/10). “Optimisme ini harus diiringi dengan sinergitas program pengentasan kemiskinan dengan program Pemerintah Pusat,” kata Khofifah.

Dia mengungkapkan, kerja sama antara pemerintah daerah dan pusat dibutuhkan guna menyukseskan program pembangunan, baik di kawasan maupun nasional. Harapannya, upaya pengentasan kemiskinan menjadi lebih efektif dan efisien. “Tidak bisa hanya mengandalkan APBN, harus juga ada penguatan dari APBD melalui program- program kreatif daerah,” imbuhnya.

Khofifah menerangkan, Pemerintah Pusat menggulirkan Bansos PKH kepada 6 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di tahun 2017 dan jumlahnya akan bertambah hingga 10 juta di tahun 2018. Apabila Pemerintah Daerah memiliki program yang “mirip” maka bisa disinergikan sehingga bisa memperluas jangkauan. Dengan demikian, masyarakat yang belum memperoleh bantuan sosial dapat tercover.

Khofifah menambahkan, solusi lain untuk menurunkan angka kemiskinan adalah dengan perubahan Struktur Organisasi Tata Kelola (SOTK) yang menempatkan urusan sosial menjadi dinas tersendiri.Menurut Khofifah, dengan berdiri sendiri Dinas Sosial mempunyai lebih “banyak energi” untuk mengatasi masalah-masalah sosial.(d2detakpos)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini