oleh

BKN : Tes CPNS Setelah Pilkada

Penawarta: Jarwati

Bojonegoro – Detakpos –  Badan Kepegawaian Negara (BKN), berencana melaksanakan tes penerimaan bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS), secara besar-besaran setelah pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak pada tahun ini selesai dilaksanakan.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana di Bojonegoro, Rabu (7/3), mengaku belum ada keputusan jumlah CPNS yang akan direkrut secara nasional.

Sebab, lanjut dia, kebutuhan CPNS masih menunggu proses verifikasi jumlah kebutuhan yang diajukan di masing-masing daerah.

“Ajuan yang sudah masuk sampai saat ini sekitar 200 ribu. Tetapi belum tentu lowongan CPNS yang akan dibuka sebanyak itu,” kata dia menjelaskan.

Menurut dia, masih perlu dilakukan evaluasi, sehingga bisa diketahui jumlah sebenarnya kebutuhan CPNS di masing-masing daerah.

Ia mengatakan pembukaan pendaftaran tes CPNS akan dilakukan pada Mei, sedangkan pelaksanaan tes penerimaan CPNS akan digelar setelah pilkada di Jawa Timur. “Ya agar tes CPNS tidak terpengaruh dengan politik. Kami tidak ingin nanti dalam perekrutan CPNS ada klaim dari pihak tertentu. Apabila dilakukan sebelum Pilkada serentak,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan kebutuhan CPNS yang paling banyak nantinya dari unsur guru, dan juga kesehatan. Tetapi lowongan guru dengan latar belakang pendidikan tertentu. Seperti fisika, Matematika, dan lainnya yang sekarang masih sedikit.

“Kami tidak akan membuka lowongan CPNS untuk guru agama, guru kewarganegaraan, dan guru bahasa indonesia,” ucapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini