oleh

Bojonegoro Masih Kekurangan Blangko KTP-E

BojonegoroDetakpos – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, masih kekurangan blangko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik (KTP-E), namun jumlahnya tidak banyak hanya kurang sekitar 4.000 keping blangko KTP elektronik.

“Kekurangannya sekitar 4.000 keping blangko KTP-e, sebab kami sudah menerima keping blangko KTP-e tahun lalu juga yang baru dengan jumlah sekitar 36.000 blangko keping KTP-e,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Bojonegoro Andrianto di Bojonegoro, Jumat (29/9).

Ia menyatakan hal itu menanggapi pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sejak Minggu hingga hari ini, Jumat, 29 September 2017,  Ditjen Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, membagi sebanyak 1, 5 juta keping blanko hasil pelelangan bulan Agustus lalu.

”Setiap hari di Dukcapil Kemendagri kantor Pusat Pasar Minggu ada stock sekitar 250 ribu keping. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan,” ujar Tjahjo.

Bagi daerah yang kehabisan blanko KTP-e, Mendagri meminta untuk segera mengambil di kantor pusat.

Tjahjo juga mengharap dinas Dukcapil segera mencetak print ready record KTP-e  rusak, hilang dan pindah datang atau perubahan status.

Menanggapi adanya pencetakan KTP-e di Kemendagri itu, pihaknya akan segera meminta tambahan KTP-e kepada Kemendagri.

“Kalau kebutuhannya bisa banyak sebab banyak KTP-e warga yang rusak meminta ganti, selain warga dari luar daerah yang pindah meminta ganti KTP-e baru,” katanya menjelaskan.

Sesuai data, kata dia, dispendukcapil masih memiliki 21.171 keping blangko KTP-e, yang dialokasikan untuk mencetak KTP- bagi 21.172 warga yang memiliki “print ready record” (PRR) per September.

“Jumlah warga yang sudah memiliki PRR dalam antrean sekitar 3.217 warga ditambah yang melakukan perekaman baru sekitar 800 warga sehingga kekurangan sekitar 4.000 keping blangko KTP-e,” ucapnya menjelaskan. (*/d1/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini