oleh

Bupati Banggai Minta Persyaratan KLA Diseriusi

JakartaDetakpos-Bupati Banggai siap mewujudkan Banggai jadi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), dan minta seluruh jajaran Pemkab menseriusi semua poin untuk persyaratan KLA.

Hal ini disampaikan Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, saat menjadi narasumber acara talkshow bertajuk “Rokok dan Generasi Kita” di Gedung KONI Luwuk, Kabupaten Banggai, (3/2).

Herwin menyatakan, komitmen untuk mewujudkan Banggai menjadi KLA harus didukung semua pihak sebagai bentuk kepedulian dan perlindungan terhadap anak. Salah satu komitmen itu, kata Herwin, adalah komitmen menjaga generasi muda dari pengaruh negatif rokok.

Dan itu bisa diwujudkan melalui penegakan aturan Kawasan Tanpa Rokok dan memerangi konsumsi rokok. “Saya akan langsung perintahkan Dinas Kesehatan untuk menyikapi dan menseriusi poin menjadiKota Layak Anak,” kata Herwin.

Menurutnya, salah satu poin yang harus disikapi serius adalah persoalan dampak rokok terhadap anak. “Rokok jelas tidak baik untuk kesehatan sehingga anak-anak harus dilindungi dari dampak rokok,” jelasnya.

Herwin sendiri optimis dapat meraih penghargaan KLA bila didukung seluruh unsur masyarakat. Ia mencontohkan ibu kota Kabupaten Banggai, Kota Luwuk, tahun lalu meraih penghargaan Adipura karena dukungan kuat masyarakat.

Luwuk meraih Penghargaan Adipura tahun 2017 lalu, sebuah penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Karena itu Herwin sangat mengapresiasi komunitas anak muda yang sudah membantu pemerintah dengan memberikan edukasi dampak rokok kepada masyarakat. Menurut Herwin, upaya anak muda mengedukasi masyarakat tentang bahaya rokok sangat penting dan sejalan dengan tujuan mewujudkan Banggai jadi Kabupaten Laya Anak.

Salah satu komunitas anak muda yang beliau apresiasi adalah Banggai Generation on Tobacco Control(BGTC), sebuah gerakan anak muda yang mengampanyekan “Generasi Tanpa Asap Rokok”.

Akhir Desember lalu, BGTC bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, juga mengampanyekan “Matikan Rokokmu Sekarang Juga” di acara CFD dan peringatan Hari Ibu di RTH Teluk Lalong, kota Luwuk.

Kepada Rama Tantra, salah satu pegiat BGTC, yang juga menjadi narasumber talkshow, Herwin berpesan untuk tidak berhenti mengedukasi. “Saya sangat senang dengan gerakan anak muda seperti ini. Saya berpesan agar kalian jangan berhenti edukasi dan sosialisasi. Karena kalian ini yang nanti akan menjadi aktor daerah,” tegas Herwin.(d2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini