oleh

Bupati Gresik Absen Fisik ASN Untuk Kedisiplinan

GresikDetakpos – Bupati Gresik, Jawa Timur, Sambari Halim Radianto mengecek absen fisik  ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) sebagai usaha meningkatkan kesipilinan jajaranya, Senin (2/4).

Dalam pengecekan itu, Ia didampingi Wakil Bupati Moh. Qosim dan Sekda Djoko Sulistio Hadi dengan mencocokkan absen dengan daftar hadir.

Menurut Sambari, hal itu dilakukan untuk tingkatkan disiplin ASN saat mengikuti apel pagi dan masuk kerja tepat waktu.

“Ini untuk upaya penegakan disiplin pegawai di lingkup Pemkab Gresik. ASN yang tidak hadir tanpa keterangan akan diberi sanksi tegas. Apalagi kalau absensi diisikan oleh rekan kerja sementara yang bersangkutan tidak hadir,” ujar dia.

Ia mengatakan  bahwa ASN yang tidak hadir saat apel Senin pagi akan dikumpulkan dan mengikuti apel susulan keesokan harinya.

Kemudian, lanjut dia, bagi pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan atau alpha, akan dipanggil sebagai salah satu bentuk pembinaan dan memperoleh  teguran dan peringatan secara berjenjang.

“Tolong disampaikan bagi pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan hari ini, besok pagi mengikuti apel susulan,” kata dia menegaskan.

Disisi lain, ia menginginkan agar tingkat kehadiran juga dapat diimbangi dengan kinerja yang lebih baik lagi.

“Penegakan disiplin ini bukan untuk mengekang, akan tetapi harus disadari untuk dijadikan landasan berpijak untuk memperbarui pola piker dan perilaku sebagai aparatur permeintah yang terpanggil untuk melayani bukan untuk dilayani,” katanya.

Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan bahwa tidak seharusnya pegawai telat saat mengikuti apel, karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban, apalagi libur panjang selama 3 hari berturut turut sudah usai. (*/iis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini