oleh

Bupati Gresik Periksa Kelayakan Kendaraan Sampah

GresikDetakpos – Bupati Gresik, Jawa Timur, Sambari Halim Radianto memeriksa kelayakan puluhan kendaraan pengangkut sampah untuk melihat kondisinya karena semua truk itu memperoleh alokasi perawatan dari APBD.

“Tujuan pemeriksaan kendaraan truk pengangkut sampah untuk mengecek kelayakannya. Mengingat anggaran untuk perawatan kendaraan-kendaraan tersebut juga lumayan besar,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono, dalam release yang diterima detakpos di Bojonegoro, Kamis (28/9).

Sebelum itu, Sambari memerintahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumarno untuk segera mengumpulkan kendaraan pengangkut sampah.

Dari data yang ada jumlah kendaraan yang dikumpulkan sebanyak 31 kendaraan roda enam pengangkut sampah baik bersifat “knockdown” (jomplang) maupun permanen.

Pada kesempatan itu, Sambari Halim Radianto mengatakan bahwa puluhan kendaraan pengangkut sampah tersebut kondisinya masih bagus dan layak untuk digunakan.

Meskipun demikian, lanjut dia, masih ada sejumlah kendaraan yang perlu dilakukan perawatan-perawatan dan perbaikan di sejumlah bak pengangkut.

“Semua sudah ada anggarannya, tinggal OPD terkait harus bisa merealisasikan,” kata dia.

Sesuai data di daerah setempat terdapat 330 desa dan 914 dusun yang tersebar di 18 kecamatan. “jadi, kurang lebih ada seribu dua ratus TPS yang akan dibangun pemkab untuk mengatasi permasalahan masyarakat yang masih kesulitan dalam membuang sampah,” kata dia menjelaskan.

Ia menambahkan pemkab akan menambah lagi lima kendaraan pengangkut sampah untuk menambah 31 kendaraan yang sudah ada. Dengan demikian dio masing-masing kecamatan disiapkan dua unit  kendaraan pengangkut sampah.

Ia mengharapkan  keterlibatan lepala desa, kepala kelurahan dan masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan dan memanfaatkan TPS yang akan dibangun oleh pemerintah dengan sebaik mungkin.

“Harapan kami sudah tidak ada lagi keluhan masyarakat yang kesulitan dalam membuang sampah,” ucapnya. (*/iis/detakpos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini