oleh

Bupati Lamongan Uji Coba “Big” Data Puskesmas

LamonganDetakpos – Bupati Lamongan, Jawa Timur, Fadeli melakukan uji coba big data dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, terutama di tingkatan puskemas, Selasa (13/11)

Saat ini seluruh Puskesmas di Lamongan sudah terkoneksi dalam satu jaringan Sistem Informasi Kesehatan Lamongan elektronik (eSIKLA).

Usai menjadi inpektur upacara dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 mengharapan eSIKLA bisa menjadi jawaban peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas.

Menurut Fadeli, dengan kerja keras dan profesional mereka, telah mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Lamongan.

Sejumlah inovasi di bidang kesehatan Fadeli juga memperoleh apreasiasai tingkat regional dan nasional. SepertiLenyapkan Pasung Memanusiakan Pasien Jiwa (Lesung Si Panji), Forum Aku Cinta Anak (FACA), serta penuntasan Lamongan menjadi Open Defecatioan Free (ODF).

Ia mengatakan adanya perbaikan infrastruktur serta peningkatan sumber daya manusia dan berbagai langkah lainnya yang menjadi fokus daerahnya telah mampu meningkatkan kualitas dan kepuasaan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Taufiq Hidayat melalui Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan, lewat eSIKLA ini, seluruh data riwayat medis pasien terkoneksi dalam satu jaringan.

Pasien kini tidak diharuskan menunggu terlalu lama untuk urusan administrasi. Karena alur pelayanannya lebih jelas, dan beban administrasi petugas juga berkurang.

Sementara dari sisi medis, dengan sudah mengantongi data riwayat kesehatan pasien dalam bentuk digital, pelayanan kesehatan semakin efektif dan efisien. Selain itu, pemanfaatan eSIKLA bisa meminimalisir terjadinya kesalahan medis. (*/d1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detakpos Terkini